====== Selamat Datang di Rumah Muslim ======


The Shop

LoadingUpdating...
Karya Muhammad Husain Haekal

 

Ali Bin Abi Thalib

Sejarah Hidup Ali bin Abi Talib Sampai kepada Hasan dan Husain

Penulis: Ali Audah
Penerbit: Litera Antar Nusa
Ali Bin Abi ThalibDetail Produk
Sayyidina Ali bin Abi Talib adalah salah satu dari sahabat Rasulullah SAW yang dijamin masuk surga. Kecerdasannya diakui oleh Nabi. Dari empat Khulafaurasyidin, hanya Sayyidina Ali yang meninggalkan karya monumental Najh al- Balagh


Sejarah membuktikan, bahwa Sayyidina Ali adalah tokoh muda pemberani masa itu; sebagai ‘tameng hidup’ Nabi ketika berangkat hijrah; membuat ciut nyali musuh dalam beberapa peristiwa penting; serta penakluk benteng Khaibar. Kontroversi mengenai dirinya pun tak kalah hebatnya; pengangkatan kekhalifahan setelah Nabi; kematian Usman bin Affan; pemberontakan dua klompok oposisi, Aisyah dan Mu`awiyah; hingga terbunuhnya Sayyidina Ali di tangan Ibn Muljam seorang Khawarij.


Biografi ini Insya Allah bersih dari segala kepentingan dan tidak memihak salah satu kelompok mana pun karena ditulis berdasarkan sumber-sumber sejarah yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan, serta bukan hanya bersifat deskriptif, melainkan juga studi analisis. Hal tersebut lebih tampak ketika memasuki babak baru setelah Ali, yakni peristiwa penting kehidupan kedua putranya Hasan dan Husain. Mengapa terjadi demikian, dan bagaimana akhirnya?


Semua dikupas tuntas disertai analisis yang tajam dari penulisnya, Ali Audah. Dia lebih dikenal sebagai sastrawan dan budayawan yang telah mengantarkan empat seri tokoh sejarah Islam karya Muhammad Husain Haekal, yakni sejarah Hidup Muhammad, Abu Bakr as-Syiddiq, Umar bin khattab dan Usman bin Affan. Sehingga dengan hadirnya buku ini, menambah kelengkapan koleksi buku biografi sebelumnya.




 
Berat : 800 gram

Harga: Rp.105.000

Sejarah Hidup Muhammad

Pengarang : Muhammad Husain Haekal
Penerbit : Litera Antar Nusa
Sejarah Hidup MuhammadDetail Produk
Ukuran : 25 x 16
Halaman : 726 hal.
Edisi : Hard Cover

Sinopsis :

Tidak mungkin orang dapat mengenal Islam dengan baik, jika tidak mengenal sejarah orang yang membawa Islam itu sendiri. Buku ini, Sejarah Hidup Muhammad, karya Muhammad Husain Haekal, terjemahan Ali Audah, terbitan PT Pustaka Litera Antar , merupakan studi mendalam dan cermat tentang sejarah hidup Muhammad Rasulullah dan diteliti dari sumber-sumber Islam maupun dari sumber-sumber non-Islam yang penting.

Muhammad sebagai manusia dan sebagai rasul dibicarakan dengan seksama. Dalam peristiwa yang sangat kritis, di sana sini penulis terpaksa berhadapan dengan pikiran awam dan sekaligus dengan tanggapan penulis-penulis luar Islam. Semuanya itu dikemukakan dengan hati-hati dan logis. Dimulai dengan dua buah kata pengantar yang menilai tanggapan penulis-penulis Islam maupun yang non-Islam tentang beberapa masalah sekitra pribadi Rasulullah, kemudian penulis memulai telaahnya dalam dua bagian khusus tentang masyarakat arab pra_Islam. Kata pengantar ini mempunyai nilai sendiri yang perlu sekali kita baca. Kelahiran Muhammad, Masa Anak-anak, Waktu remaja, Turunnya wahyu pertama, Perjuangan selanjutnya sampai saat terakhir, dilukis secara jelas dan rinci, tetapi tidak bertele-tele











 
Berat : 1290 gram

Harga: Rp.130.000

Abu Bakr As-Siddiq - Sebuah Biografi

Penulis: Muhammad Husain Haekal
Penerbit: Pustaka Litera AntarNusa
Abu Bakr As-Siddiq - Sebuah BiografiDetail Produk
Cover: Hard Cover
Jenis Kertas: HVS 70 Gram
Tebal 422 Halaman
Ukuran 16 x 25 Cm


Diterjemahkan sepenuhnya menurut buku aslinya tanpa terlalu jauh meninggalkan gaya (uslub) pengarang yang terkenal khas.

Banyak pelajaran yang akan kita peroleh, bagaimana disiplin yang diajarkan Nabi dipertahankan oleh para sahabat, bagaimana Abu Bakr, Umar, dan Khalid sebagai jenderal yang jenius dan yang lain dapat berjaya, patuh dengan penuh disiplin kepada Nabi. Setelah Nabi wafat kepemimpinan dipegang Abu Bakr dengan kepatuhan dan disiplin yang tetap dipertahankan, begitu indah sebagai teladan.

Studi analisis tidak hanya tentang Abu Bakr, tetapi antara lain juga mengenai Khalid bin al-Walid, `Amr bin al-'As dan yang lain, sekaligus dapat kita lihat Islam di Asia barat daya masa itu.

Membaca sejarah yang ditulis Haekal ini kita seperti membaca sebuah novel, dengan analisis psikologi tentang watak pribadi-pribadi pelaku sejarah itu.

Dengan membaca Sejarah Hidup Muhammad sedikit banyak kita sudah mengenal Haekal sebagai sarjana dan sastrawan terkemuka, dia juga penulis biografi yang teliti dan punya kesabaran mengamati sampai soal yang sekecil-kecilnya: Soal pengumpulan Qur' an dibahas terinci. Tidak sekadar biografi, tetapi penulis membahas juga soal konsep negara dan pemerintahan Islam,dengan cara dan gayanya yang menarik sekali.

Karena pengertiannya, kesetiaan dan disiplinnya yang tinggi, Abu Bakr dengan gemilang dapat meneruskan kepemimpinan Nabi dalam menjalankan tugasnya. Bagaimana perjalanan sejarah Islam jika setelah Rasulullah wafat bukan Abu Bakr yang menggantikannya ? Itulah pertanyaan yang menggoda pengarang. Bagaimana jawabannya ? Banyak pelajaran yang dapat kita peroleh dari buku ini.









 
Berat : 700 gram

Harga: Rp.80.000

Usman bin Affan - Antara Kekhalifahan dengan Kerajaan

Pengarang : Muhammad Husain Haekal
Penerbit : Litera Antar Nusa
Usman bin Affan - Antara Kekhalifahan dengan KerajaanDetail Produk
Tebal : 153 Halaman

Dalam buku ini terlebih dulu pengarang memperkenalkan kepada kita sosok khalifah ketiga ini, Usman bin Affan, paras muka, gerak-gerik dan kegemarannya, asal-usul dan kedudukannya di samping Nabi dan para sahabat, akhlaknya sebelum dan sesudah masuk Islam. Perkawinannya dengan Ruqayyah dan Um kulsum putri-putri Nabi, sampai hijrahnya ke Abisinia.

Diuraikan rangkuman peristiwa Majelis Syura untuk pemilihan khalifah pengganti khalifah Umar bin khattab. Persaingan antara Banu Hasyim dan Banu Umayyah memperebutkan jabatan khalifah, sampai terpilih dan dilantiknya Usman. Dilema pertama yang dihadapinya menyelesaikan masalah hokum setelah Umar, sampai terjadinyapergolakan di beberapa daerah. Sikap Banu Hasyim terhadap pemerintahan Usman dan sikap kabilah-kabilah terhadap kekuasaan Quraisy. Bagaimana politik Usman berhadapan dengan semua itu, yang juga tidak lepas rongrongan kekuasaan Rumawi dan Persia yang selal mengancam?

Kalau jasa Abu Bakr mengenai Qur’an ketika ia mengumpulkannya atas usul Umar karena dilawatirkan akan banyak yang hilang setelah para sahabat yang hapal banyak yang gugur, maka Usman membuat langkah penting mengenai qira’at (pembacaan) Qur’an. Setelah Islam tersebar makin luas, ternyata orang membaca Qur’an dengan lafaz yang beragam, dan disana-sini sering terjadi perdebatan sekitar qira’at mana yang lebih tepat. Saat itulah, setelah bermusyawarah dengan para ahli Uaman kemudian mengambil langkah menyeragamkan bacaan Qur’an. Langkah inilah yang telah menghasilkan Mushaf Usman dan dipakai uslimin seluruh dunia sampai sekarang. Itulah tindakannya yang sangat berarti di masa pemerintahannya. Munculnya tokoh-tokoh misterius yang lebih banyak diwarnai oleh ambisi politik, disusul kemudian dengan timbulnya fitnah dan peristiwa tragis sampai khalifah Usman sendiri, yang tidak bersalah, harus menjadi korban.









 
Berat : 250 gram

Harga: Rp.40.000

Umar Bin Khattab

Penulis : Muhammad Husain Haekal
Penerbit : Litera Antar Nusa
Umar Bin KhattabDetail Produk
Cover: Hard Cover
Jenis Kertas: HVS 70 Gram
Tebal: 805 Halaman
Ukuran: 15 x 24 cm


Ia disebut Al-Faruq disebabkan sikap istiqamahnya dalam membedakan antara hak dan bathil. Ia begitu adil walau terhadap keluarganya

Di antara para sahabat Nabi, jelas Umar yang paling banyak dibicarakan, dikutip dan dibahas orang. Mengapa begitu? Dalam buku ini, tampak jelas kehidupan tokoh yang luar biasa ini sejak kelahirannya, masa jahiliahnya yang garang, masuk Islam serta peranannya di samping Nabi dan sahabat-sahabatnya, mendampingi Abu Bakr, menjadi Amirulmukminin, hingga akhir hayatnya, dengan bahasa terjemahan yang enak dibaca dan jelas. Rasanya tak akan berhenti kita membacanya sebelum tamat.

Analisisnya tentang kehidupan agama, social, politik dan administrasi Negara dirintis oleh Umar dengan peranannya yang begitu menonjol dalam bergelut dengan semua itu. Masuknya Islam ke Irak, ke Syam, ke Persia dank e Mesir merupakan sejarah Islam tersendiri. Keyakinan apa saja yang dianut mereka sebelum kedatangan Islam ke sana dan bagaimana sikap dan sambutan mereka terhadap agama baru ini? Bagaimana kebijakan Umar dalam hal ini? Mengapa begitu? Jawaban yang diberikan pengarang untuk semua itu serta logikanya yang mendasarinya memberi wawasan tersendiri yang sangat berharga buat direnungkan, terutama dalam kehidupan kita masa sekarang. Akan kita lihat juga ijtihad Umar mengenai hokum fikih yang berlaku pada zamannya, di samping peristiwa-peristiwa hokum baru yang timbul setelah Rasulullah wafat. Ijtihadnya tentang hadist Nabi itu sendiri, tentang minuman keras, tentang hukum talak, tentang mualaf dan sebagainya. Fikih banyak berutang budi kepada Umar, kata para ahli, Mengapa khalifah yang agung ini menjadi pembicaraan orang sebagai tokoh sejarah, di Timur dan di Barat, dan dijadikan teladan?

Kalau kita ingin membaca biografi atau sejarah dengan penelitian dan analisis yang mendalam, tetapi seperti membaca sebuah novel, mengasyikkan, maka yang demikian itu akan kita dapati dalam buku ini. Buku-buk biografi yang ditulis haekal, termasuk buku ini, sering menimbulkan impirasi. Begitu juga dalam ia membuat studi, meneliti lalu memberi ulasan. Tidak begitu saja ia menerima apa yang nbiasa ditulis orang. Ia membuat kesimpulan, setelah menghadapi masalah-masalah yang dipandang rumit..









 
Berat : 1.2 kg

Harga: Rp.160.000