====== Selamat Datang di Rumah Muslim ======


The Shop

LoadingUpdating...
Wanita & Keluarga

 

101 Cara Mudah Mendidik Keluarga

Penulis : Zainal Abidin bin Syamsuddin
Penerbit: Pustaka Imam Bonjol


Manusia akan senantiasa di atas kebaikan selagi masih berpikir untuk kebaikan dan berusaha menjadi orang baik. Tidak terpuji manusia yang bisa menghadiahkan kebaikan kepada orang lain, sementara melupakan orang terdekat yang paling berhak menerima hadiah tersebut. Dia laksana pohon labu yang tumbuh di tanah, namun berbuah di pohon lain. Demi Allah, itu merupakan aib besar, sebagaimana ungkapan bijak.

“Laksana burung meninggalkan telur di padang pasir, namun mengerami telur burung lain.”

Banyak orang tua sukses menjadi bisnisman, konsultan, motivator, politikus dan birokrat berkelas internasional, hanya bisa meratap, mengeluh dan tidak bisa berbuat apa-apa tatkala anak-anaknya tidak bisa dikendalikan karena tercebur kedalam pergaulan bebas, narkoba, atau kejahatan lainnya. Kenapa semuanya bisa terjadi!! Carilah solusinya di buku kecil ini!




 
Berat : 200 gram

Harga: Rp.23.000

One Heart – Rumah Tangga Satu Hati

Penulis: Zainal Abidin bin Syamsuddin
Penerbit: Pustaka Imam Bonjol


Rumah Tangga Bahagia adalah sebuah angan-angan, impian, dan harapan semua insan. Angan-angan kadang menjadi impian, menjadi harapan, Impian dan harapan bias menjadi kenyataan namun tidak jarang impian dan harapan hanya menjadi angan-angan yang melelahkan. Seluruh tenaga dikerahakan, seluruh teori dipelajari dan seluruh persyaratan dipenuhi untuk mewujudkan rumah tangga yang bahagia, ada yang berhasil akan tetapi tidak sedikit yang mampu menghadapi badai rumah tangga yang dating silih berganti, bahkan tidak jarang badai yang menghantam berhasil meluluhlantahkan mahligai rumah tangga yang telah dibangunnya, merusak tatanan hidup yang telah dibinanya, memporakporandakan ikatan cinta yang telah dijalinnya dan menggoncangkan jiwa yang sedang memadu kasih.

Kebahagiaan hidup bukan karena banyaknya harta dan tersedianya fasilitas mewah, gaya hidup gelamor pun tidak bisa dijadikan ukuran, banyak diantara mereka yang terpenuhi segala fasilitas hidup dengan kemewahan, kantong tidak pernah kering dari duit dan jaminan materi tidak diragukan, tetapi batin mereka banyak yang tersiksa, ketenangan hidup terusik dan jiwa mereka terancam, maka benar nabi shallallahu ‘alaihi wasallam,
“Sesungguhnya setiap umat ada fitnah (yang merusaknya) dan fitnah umatku dari harta.”


Oleh sebab itu, banyak diantara mereka yang lari dari kenyataan menghadapi problema hidup dengan menenggak minuman keras, menelan obat terlarang dan menghabiskan waktunya di café-café, alas an mereka untuk mencari ketenangan hidup. Apakah dengan cara seperti itu ketenangan hidup dan kebahagiaan akan tercapai? Tidak. Justru kegelisahan hidup yang akan mereka peroleh, karena ketenangan jiwa dan kebahagiaan hidup hanya bisa diperoleh bila hati dipenuhi dengan hidayah dan ketaatan kepada pemilik jiwa yaitu Allah SWT, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Rabb kalian berkata, ‘Wahai anak Adam! Beribadahlah kepada-Ku sepenuhnya, niscaya Aku akan penuhi hatimu dengan kekayaan dan Aku penuhi tanganmu dengan rizki. Wahai anak Adam! Jangan jauhi Aku, sehingga Aku penuhi hatimu dengan kefakiran dan Aku penuhi kedua tanganmu dengan kesibukan.”


Seluruh manusia dari berbagai macam profesi, asal usul dan latar belakang semuanya berharap hidupnya jauh dari kegelisahan dan kemalangan. Tidak ada jalan paling baik untuk melenyapkan kegelisahan dan mendatangkan kebahagiaan kecuali dengan mengkonsentrasikan diri kepada Allah dan beribadah sesuai dengan syariat, menghadapi masalah dengan lapang dada, menyelesaikan problem hidup dengan tenang hati dan bersikap qonaah terhadap nasib rizki yang telah ditetapkan Allah SWT atas hamba-Nya. Itulah maksud hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam,
“Bukanlah kaya karena banyaknya harta, tetapi kaya adalah kaya hati.”


Umar bin Khathab n berkata, “Wahai manusia, sesungguhnya sebagian sifat rakus merupakan bagian dari kemiskinan, tidak berharap dari manusia merupakan suatu kecukupan. Dan sungguh kalian mengumpulkan harta yang tidak kalian makan, kalian berangan-angan dengan sesuatu yang tidak mungkin kalian gapai. Ketahuilah, bahwa sebagian dari kkikir adalah cabang dari kemunafikan, maka berinfaklah, karena demikian itu lebih baik buat dirimu.”


Bila para suami maupun istri membekali dirinya dengan sikap di atas dalam mengarungi bahtera rumah tangganya, sebesar apapun tantangan dan masalah yang dihadapi dan seberat apapun ujian dan cobaan yang dialami maka kebahagiaan hidup dan ketenangan hidup dan batin tetap menyapanya.




 
Berat : 300 gram

Harga: Rp.32.000

Mudahnya Membiasakan ANAK RAJIN SOLAT

92 Praktek Nyata & Teruji

Penulis: Hanna Binti 'Abdul Aziz Ash-Shunai
Penerbit: As-Salam

'Yaa Bunayya Aqimish Shalah'

Luqmanul hakim sering dijadikan 'tamsil', potret keteladanan ibu bapak dalam mendidik anaknya Meski bukan nabi, nama Luqman turut diabadikan Al-Qur'an berkat kesholihannya. Pesan-pesannya kepada anaknya, juga diabadikan dalam wahyu itu.
Antaranya adalah perihal solat. Solat dan kesholihan bagaikan kuali dengan garam.

Kecintaan anak kepada solat, tidak datang serta merta. Ibu bapak harus kreatif mencari cara-cara yang sesuai agar si anak bisa membiasakan diri untuk solat. Tidak semestinya kita menyuruh si anak dengan cara yang itu-itu saja. Teknik lain yang selama ini belum dimanfaatkan, boleh jadi cara paling mujarab untuk mengatasi kesulitan agar si anak mencintai solat.

Buku ini akan menuntun Anda, agar lebih pintar dalam mengajak anak Anda untuk solat.




 
Berat : 300 gram

Harga: Rp.38.000

60 Wasiat Rasul untuk Orangtua dalam Mendidik Anak

Penulis: ‘Isham Yusuf
Penerbit: Salamandani

==National BESTSELLER==


-Membangun Keluarga Islami
-Kelahiran Anak
-Fase Menyusui
-Mengajarkan Etika Sosial
-Pendidikan Akhlak
-Wasiat Luqman
-Pendidikan Seksual
-Bonus Kumpulan Doa untuk Anak

Anak adalah anugrah terindah dari Allah Swt bagi pasangan suami-istri, ia bisa menjadi lading pahala tetapi dapat pula menjadi sumber dosa bagi kedua orangtuanya. Orangtua memiliki tanggung jawab besar dalam mengarahkan anaknya seperti yang disebutkan dalam sabda Nabi Saw, “Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah suci bersih. Kedua orang tuanyalah yang membuatnya menjadi Yahudi, Nasrani atau majusi”.

Allah menekankan pentingnya pendidikan untuk anak dengan mengabadikan kisah Lukmanul Hakim bersama anaknya di dalam Al-Qur’an. Begitupun Rasulullah, beliau sudah jauh hari mewasiatkan dan mengajarkan kepada kita bagaimana cara mendidik anak agar menjadi saleh. Wasiat-wasiat Rasulullah tersebut termuat dalam buku ini, yang antara lain mencakup etika social, akhlak. Dan seks untuk anak, serta wasiat Rasul tentang membina keluarga Islam.

Apabila kita lalai dalam mendidik anak niscaya akan dimintai pertanggungjawaban yang sungguh besar di akhirat kelak. Untuk itu, sebagai upaya memaksimalkan pendidikan untuk anak, buku ini perlu Anda pelajari dan amalkan.

60 Wasiat Rasul untuk Orangtua dalam Mendidik AnakDetail Produk
Spec:
Ukuran: 15,8 cm x 15,5cm
Isi: 225 halaman




 
Berat : 250 gram

Harga: Rp.45.000

Paket Buku "AKU CINTA ISLAM"

Penulis:
Nizar Sa'ad Jabal Lc. Mpd
Nurdin Apud Sarbini Lc.
Aiman Umar Abdul Aziz

Penerbit: Perisai Qur'an Kids

Paket lengkap 4 buku: Rp.300.000

Isi Paket:

1. Aku Cinta Islam: Tauhid 1

2. Aku Cinta Islam: Tauhid2

3. Aku Cinta Islam: Akhlak Mulia

4. Aku Cinta Islam: Akhlak Tercela


Paket Buku \"AKU CINTA ISLAM\"Detail Produk
Spec:
Ukuran buku: 24cm x 20cm
Full Colour




 
Berat : 2 kg

Harga: Rp.300.000

Paket Buku "KISAH - KISAH SAHABAT CILIK RASULULLAH"

Penulis: Nurdin Apud Sarbini Lc.
Penerbit: Perisai Qur'an Kids

Jasa-jasa mereka terhadap Islam tidak bisa kita ungkapan dengan sebuah kata-kata. Kita hanya bisa menyampaikan pujian-pujian Allah dan Rasul-Nya kepada mereka berupa jaminan Surga.

Paket lengkap 7 buku:Rp.190.000,-

Isi Paket

1. Hasan bin Ali bin Abi Thalib
2. Husain bin Ali bin Abi Thalib
3. Abdullah bin Abbas
4. Abdullah bin Umar
5. Abdullah bin Zubair
6. Usamah bin Zaid
7. Anas bin Malik


Paket Buku \"KISAH - KISAH SAHABAT CILIK RASULULLAH\"Detail Produk
Spec:
Ukuran buku: 24 cm x 20 cm
Full Colour




 
Berat : 900 gram

Harga: Rp.190.000

Paket Buku "WANITA-WANITA PENGHUNI SURGA"

"WANITA-WANITA PENGHUNI SURGA"

Penulis:
Nizar Sa'ad Jabal Lc. Mpd.
Aiman Umar Abdul Aziz

Penerbit: Perisai Qur'an Kids

Paket Lengkap 6 buku: Rp.160.000,-

Isi Paket:

1. Ummul Mukmunin Khadijah binti Khuwailid

2. Ummul Mukmunin Aisyah binti Abu Bakar ash-Shiddiq

3. Fatimah binti Muhammad (Putri Rasulullah)

4. Zainab binti Muhammad (Putri Rasulullah)

5. Ummu Kultsum binti Muhammad: (Putri Rasulullah)

6. Ruqayyah binti Muhammd (Putri Rasulullah)


Paket Buku \"WANITA-WANITA PENGHUNI SURGA\"Detail Produk
Spec:
Ukuran buku: 24 cm x 20 cm
Full Colour




 
Berat : 800 gram

Harga: Rp.160.000

Aku Cinta Rasulullah

==BUKU BARU==

Penulis: Nizar Sa'ad Jabal Lc, Mpd
Penerbit: Perisai Quran Kids

Ayo kenalkan anak-anak kita sedini mungkin dg keteladanan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam.

Buku ini berisi bagaimana Meneladani keseharian Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali.

Menanamkan semua itu kepada anak-anak kita, akan melahirkan pribadi yang shalih dan shalihah, mengamalkan sunnah Rasulullah, cinta kepada Rasulullah, dan dapat menjadi pahala yg terus menyambung kepada orang tuanya.

Isi buku:

-Beginilah Rasulullah tidur
-Beginilah Rasulullah bangun tidur
-Beginilah Rasulullah mandi
-Beginilah Rasulullah berpakaian
-Beginilah rambut Rasulullah
-Beginilah Rasulullah berbicara
-Beginilah Rasulullah makan dan minum
-Beginilah Rasulullah bercanda dan tertawa
-Beginilah Rasulullah bersin dan menguap
-Beginilah Rasulullah masuk rumah
-Beginilah Rasulullah keluar rumah
-Beginilah Rasulullah memakai sepatu dan sandal

Aku Cinta RasulullahDetail Produk
Spec:
Ukuran: 24cm x 20 cm
Full Colour & Hard Cover
Tebal: iv + 112 halaman




 
Berat : 500 gram

Harga: Rp.90.000

AL-LU'LU' WAL MARJAN Mutiara Hadit Sahih Bukhari Muslim

==BEST SELLER==

Penulis: Muhammad Fuad Abdul Baqi
Penerbit: Ummul Qura'

Ukuran/isi: 17,5 X 24,5 cm/1184 halaman (hard)
AL-LU\Detail Produk
Shahih Al-Lu'lu' (Bukhari) Wal Marjan (Muslim) adalah kitab referensi himpunan hadits yang paling tinggi tingkat keshahihannya yang berisi hadits-hadits yang disepakati oleh dua orang imam terkemuka ahli hadits, yakni Al-Bukhari (194-265 H) dan Muslim (204-261 H).

Kelebihan kitab ini yang tidak ditemukan pada kitab yang lainnya adalah digabungnya hadits Shahih Al Bukhari yang teksnya paling sesuai dengan teks hadits yang ada dalam Shahih Muslim menjadi satu kitab.
Al Hafizh Ibnu Hajar, ulama ahli hadits bertaraf internasional menyatakan, bahwa yang dimaksud dengan kesepakatan antara Al Bukhari dan Muslim ialah kesepakatan atas takhrij induk hadits dari segi nama sahabatnya, meskipun ada perbedaan dalam segi redaksinya.

Kitab ini adalah panduan bagi setiap Muslim dalam menapaki jalan hidupnya di dunia ini, baik sebagai manusia pada umumnya, ataupun sebagai orang yang beriman khususnya. Hadits-hadits dalam kitab ini mengajarkan kita bagaimana menghargai kehidupan dan kematian. Kehidupan dan kematian adalah lingkaran siklus keabadian yang sengaja diciptakan Allah kepada kita semua adalah untuk menguji siapakah diantara kita yang terbaik amalnya. Kehidupan takkan bermakna apa-apa bila kita menjalaninya tanpa amal ibadah yang dituntunkan Allah dan Rasulullah SAW melalui Al Quran dan Hadits yang shahih, dan kematian kita pun seolah tak bermakna apa-apa bila ia mendatangi kita sementara kita tak memiliki bekal amal ibadah kepada-Nya sedikitpun, pun terlebih akan sia-sia pula bila kita sudah banyak beramal namun tidak sesuai dengan Al Quran dan Hadits shahih.

Selain itu juga dilengkapi dengan:

-Biografi Imam Bukhari, Imam Muslim, dan tujuh perawi hadits terbanyak

-Pengantar singkat ilmu musthalah hadits

-Penjelasan singkat beberapa hadits yang perlu dijelaskan

-Indeks Hadits, dll

BONUS CD KUBISA 1.0 (Berisi data dan software sarana belajar Islam) :

-Kumpulan Hadits Shahih
-Kumpulan Do'a dan Zikir
-Video Bimbingan Haji
-Panduan Pembagian Waris, dll




 
Berat : 1.75 kg

Harga: Rp.165.000

Andai Aku Tidak Menikah Dengannya

Penulis: Dr. Syafiq bin Riza bin Hasan bin Abdul Qadir bin Salim Basalamah, MA
Penerbit: Rumah Ilmu

Ukuran :16 x 15.8 cm
Isi : 304 halaman
Cover : Art Carton

Andai  Aku Tidak Menikah DengannyaDetail Produk
Pernikahan adalah suatu perjanjian besar, suatu pertanggung jawaban yang berat bagi seorang laki-laki yang mana dia mengambil seorang wanita dari kedua orangtuanya untuk hidup bersamanya dalam sebuah bahtera yang bernama rumah tangga yang dipimpin olehnya.
Namun realitanya berapa banyak perempuan yang harapannya hanya mimpi kebahagiaannya menguap seperti embun segar ketika disapa mentari pagi, hari-harinya bak neraka yang panas dan membakar hati, KDRT sudah menjadi santapannya sepanjang hari.
Mawar yang indah itu hidup dibumi yang kering kerontang tanpa air yang menyinar. Sudah saatnya seorang suami memahami tabiat seorang istri.
Jangan biarkan air matanya menetes dipipi.
Jadikanlah ia hiasan terindah yang dimiliki.
Jangan sampai terbetik dihatinya, “andai aku tidak menikah dengannya.”
 
Berat : 350 gram

Harga: Rp.68.000

Berbekal Setengah Isi Setengah Kosong

Penulis: Dr. Syafiq bin Riza bin Hasan bin Abdul Qadir bin Salim Basalamah, MA
Penerbit: Rumah Ilmu

Ukuran : 16 x 16 cm
Isi : 116 halaman
Cover : Art Carton

Berbekal Setengah Isi Setengah KosongDetail Produk
Bila memandang sebuah gelas yang berisikan air setengahnya, maka sebagian orang berkata, “Setengahnya kosong”, dan sebagian lain berucap, “Setengahnya isi”.
Termasuk orang yang manakah Anda?
Bila yang pertama, maka ini sebuah indikasi bahwa anda adalah orang yang hidup dengan kacamata pesimis, selalu memandang kepada kekurangan, dan biasanya orang yang seperti itu, hidupnya senantiasa berbalut kesusahan dan bermantel kesengsaraan, karena dirinya lupa memandang kepada isi yang terdapat di gelas tersebut, walaupun hanya separuh.
Adapun insan yang berkata “Setengah isi”, maka ini salah satu petunjuk bahwa dia adalah orang yang optimis, karena ia memandang lewat kacamata isi, ia tidak terlalu peduli dengan setengahnya yang kosong, karena bagaimanapun gelas itu ada isinya, dan ia berucap, “Alhamdulillah, masih ada isinya.”
 
Berat : 250 gram

Harga: Rp.33.000

Rahasia Pernikahan Bahagia

Penulis: Butsainah as-Sayyid al-‘Iraqi
Penerbit Griya Ilmu

Ukuran: 15.5 x 24 cm
Tebal: 288 hal.
Jenis: Hard Cover
Rahasia Pernikahan BahagiaDetail Produk
Salah satu aspek terpenting dalam kehidupan dan merupakan setengah dari agama adalah pernikahan, sehingga ia menjadi idaman bagi setiap orang beriman. Di sanalah seharusnya ketenangan, cinta kasih dan ketulusan bersemayam, yang pada gilirannya kebahagiaan diraih. Kiat-kiat yang dikemukakan merupakan rahasia, karena tidak banyak orang yang mengetahui atau menyadari. Sementara dengan kiat-kita tersebut, kebahagiaan yang menjadi tujuan hidup semua orang dalam berumah tangga, dapat diraih. Selain ajaran normatif dalam Islam dengan dalil-dalil, buku ini juga didukung dengan hasil survey yang dilakukan penulisnya terhadap sejumlah responden dari berbagai lapisan masyarakat, sehingga sesuai dengan judulnya, buku ini benar-benar terbukti secara empiris, mengetengahkan kiat-kiat membangun rumah tangga di mana kebahagiaan bersemayam.

Sekadar contoh, seorang responden menuturkan pengalamannya, setelah ketujuh anak mereka berkeluarga dan hidup berpisah, “Tinggallah kami berdua mengenang canda tawa, keributan dan kelucuan, tangis dan belajar anak-anak kami, sebuah kenangan hari-hari yang tidak mungkin terlupakan. Dulu kami disibukkan untuk membahagiakan anak-anak kami. Namun sekarang, mendengar kabar mereka cukup membuat kami terhibur, dan kunjungan mereka membuat kami bahagia. Kadang, kami menghabiskan waktu untuk ibadah bersama, bercerita tentang kenangan masa lalu. Namun, yang paling mencemaskan adalah ketika suamiku mulai sakit. Aku berharap kiranya kematian lebih dulu menjemputku daripada dia.” Ini sebuah refleksi ikatan emosi yang hanya dapat dibangun dalam pernikahan bahagia!

Pembaca akan menemukan jawaban, di manakah kiat-kiat lamanya sebuah pernikahan menambah kedekatan dan kelekatan perasaan antara suami istri sehingga mereka tidak dapat berpisah? Buku ini juga menawarkan solusi dengan model pernikahan massal bagi kalangan kurang mampu, dengan melibatkan para tokoh masyarakat untuk melakukan pemantauan dan bimbingan, baik sebelum maupun pasca pernikahan terhadap masing-masing pasangan dalam rangka membina dan membangun pilar-pilar masyarakat yang shalih. Pembaca akan menemukan banyak contoh empiris lain dari para responden dan hasil survey yang diangkat dalam buku ini.




 
Berat : 0.5 kg

Harga: Rp.51.500

150 Tanya Jawab Seputar Anak Muslim

Penyusun: Yahya bin Sa’id Alu Syalwan
Penerbit: Griya Ilmu

Kumpulan Fatwa:
- Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baaz,
- Syaikh Muhammad bin Shalih al-’Utsaimin,
- Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdirrahman bin Jibrin,
- Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan &
- Al-Lajnah ad-Da`imah lil Buhuts al-’Ilmiah wal Ifta`.

Ukuran: 15.5 x 24 cm
Tebal: 224 hal.
Jenis: Soft Cover
150 Tanya Jawab Seputar Anak MuslimDetail Produk

Anak adalah amanah yang dititipkan Allah kepada orang tua. Sebagai amanah Allah, para orang tua berkewajiban menjaganya dan bertanggung jawab penuh dalam mengurusnya. Mereka wajib memperhatikan segala hal yang berkaitan dengan masalah anak, baik dalam urusan dunia terlebih lagi agamanya.

Dalam konteks inilah banyak orang tua yang masih belum memahami bagaimana mengemban tanggung jawab terhadap anak yang dititipkan tersebut, khususnya yang berkaitan dengan hukum-hukum agama. Buku ini sangat layak untuk dibaca oleh setiap Muslim, khususnya bagi para orang tua, pendidik dan siapa saja yang ingin melaksanakan kewajibannya secara sungguh-sungguh dalam mendidik anak.

Sejumlah ulama besar, baik secara individu maupun tergabung dalam Komite Tetap untuk Penelitian dan Fatwa, telah banyak menyumbangkan ijtihad atau nasihatnya dalam masalah yang berkaitan dengan anak, mulai dari pembahasan aqidah, fiqih, akhlak, pendidikan hingga masalah yang lebih kompleks seperti hukum saudara susuan, hak asuh anak dan yang lainnya. Ribuan pertanyaan ditujukan kepada mereka, dan fatwa pun tercecer di mana-mana sehingga perlu disusun untuk memudahkan pencarian jika diperlukan.

Dengan kejelian dan penuh perhitungan, penyusun kitab ini menyodorkan buah karyanya yang mengumpulkan fatwa-fatwa para alim dan menyatukannya dalam sebuah tulisan untuk memudahkan para pembaca, sehingga tidak perlu lagi membuka kitab-kitab fatwa dari berbagai rujukan. Semoga buku ini bermanfaat bagi kaum muslimin. Selamat membaca!




 
Berat : 0.5 kg

Harga: Rp.35.000

Pendidikan Anak Dalam Islam (Tarbiyatul Aulad Fil Islam)

Penulis : DR. Abdullah Nashih 'Ulwan
Tahqiq: Ihsan Al-'Utaibi
Penerbit : Insan Kamil

Ukuran : 24 x 15 cm
Halaman : xxxii + 906 halaman
Cover : Hard
Pendidikan Anak Dalam Islam (Tarbiyatul Aulad Fil Islam)Detail Produk
Pendidikan terhadap anak merupakan faktor penting yang sangat diperhatikan di dalam Islam. Buktinya, Nabi muhammad SAW sangat menekankan hal ini kepada para shahabatnya. Sejarah telah mencatat, ada banyak kaidah pendidikan yang dicetuskan oleh Islam. Meskipun zaman telah berganti, kaidah-kaidah tersebut tetap relevan untuk diterapkan di masyarakat.

Hanya saja, konsep pendidikan Islam yang luhur itu mulai diabaikan oleh beberapa pendidik. Padahal jika ditilik dari segi kelengkapannya tentu konsep inilah yang paling lengkap, karena tidak hanya mementingkan pendidikan yang bersifat duniawi tetapi juga ukhrawi. Sedangkan konsep lainnya lebih cenderung berat sebelah.

Melalui buku ini, Anda akan mengetahui betapa luas konsep pendidikan anak di dalam Islam. Apalagi risalah ini adalah buah karya dari seorang pakar yang memang menggeluti bidang pendidikan Islam, yaitu Dr. Abdullah Nashih Ulwan. Menariknya, penulis tidak hanya menawarakan konsep pendidikan saja, tetapi juga beberapa pemecahan terhadap masalah kenakalan remaja yang jamak terjadi di masyarakat. Bahkan, penulis juga menyampaikan beberapa tanggung jawab pendidik yang salah satunya adalah tanggung jawab pendidikan seksual kepada anak.

Oleh karena itu, tak berlebihan jika buku ini mendapat predikat sebagai karya yang fenomenal.

=======================

RESENSI BUKU TARBIYATUL AULAD ABDULLAH NASHIH ULWAN

Kitab “Tarbiyatul Aulad Fil Islam” memiliki karakteristik tersendiri. Keunikan karakteristik itu terletak pada uraiannya yang menggambarkan totalitas dan keutamaan Islam. Islam sebagai agama yang tertinggi dan tidak ada yang melebihi ketinggiannya adalah menjadi obsesi Ulwan dalam setiap analisa dan argumentasinya, sehingga tidak ada satu bagian pun dalam kitab tersebut yang uraiannya tidak didasarkan atas dasar-dasar dan kaidah-kaidah nash.

Kitab ini disusun dalam tiga bagian atau “qism” yang kronologis, masing-masing bagian memuat beberapa pasal dan setiap pasal mengandung beberapa topik pembahasan. Judul-judul dan pasal-pasal dalam setiap bagian itu akan tersusun sebagai berikut ini :

Bagian pertama terdiri dari empat pasal, yaitu:
a. Pasal pertama adalah perkawinan teladan dalam kaitannya dengan pendidikan.
b. Pasal kedua adalah perasaan psikologis terhadap anak-anak.
c. Pasal ketiga adalah hukum umum dalam hubungannya dengan anak yang lahir.

Pasal ini terdiri dari empat bahasan :
1. Pertama , adalah yang dilakukan oleh pendidik ketika lahir.
2. Kedua , yaitu penamaan anak dan hukumnya.
3. Ketiga , adalah aqiqah anak dan hukumnya.
4. Keempat , adalah menyunatkan anak dan hukumnya.
d. Pasal keempat adalah sebab-sebab kelainan pada anak dan penanggulangannya.

Bagian kedua yaitu tanggung jawab terbesar bagi para pendidik, bagian ini terdiri dari tujuh pasal adalah sebagai berikut :
a. Pasal pertama adalah tanggung jawab pendidikan Iman.
b. Pasal kedua adalah tanggung jawab pendidikan moral.
c. Pasal ketiga adalah tanggung jawab pendidikan fisik
d. Pasal keempat adalah tanggung jawab pendidikan intelektual.
e. Pasal kelima adalah tanggung jawab pendidikan psikologis.
f. Pasal keenam adalah tanggung jawab pendidikan sosial.
g. Pasal ketujuh adalah tanggung jawab pendidikan seksual.

Bagian ketiga terdiri dari tiga pasal dan penutup :
a. Pasal pertama adalah faktor-faktor pendidikan yang berpengaruh.
b. Pasal kedua adalah dasar-dasar fundamental dalam mendidik anak.
c. Pasal ketiga berisi saran-saran paedagogis.

Bagian pertama sampai dengan bagian ketiga tersebut, terdapat dalam jilid I. Sedangkan dalam jilid II, meliputi tiga pasal, yaitu :
a. Pasal pertama adalah metode pendidikan yang influentif terhadap anak.
b. Pasal kedua adalah kaidah-kaidah elementer dalam pendidikan anak.
c. Pasal ketiga adalah gagasan edukatif yang sangat esensial.

Fokus kajian skripsi ini terdapat dalam jilid II pasal pertama yang berisi tentang metode pendidikan yang influentif terhadap anak pada halaman dua dan seterusnya. Ulwan memaparkan 5 metode mendidik moral anak dalam keluarga. Diantara metode-metode pendidikan moral anak dalam keluarga adalah :

Pendidikan dengan keteladanan.
Pendidikan dengan adat kebiasaan.
Pendidikan dengan nasihat.
Pendidikan dengan memberikan perhatian.
Pendidikan dengan memberikan hukuman.

Apabila metode-metode tersebut diterapkan dalam pendidikan anak khususnya dalam keluarga, maka secara bertahap mereka para orang tua mempersiapkan anak-anaknya untuk menjadi anggota masyarakat yang berguna bagi kehidupan dan pasukan-pasukan yang kuat untuk kepentingan Islam (sebagai penegak ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan).

C. Metode Pendidikan Moral Anak dalam Keluarga menurut Abdullah Nashih Ulwan

Sarana untuk membentuk keluarga dalam Islam harus melalui ikatan pernikahan. Dengan melangsungkan pernikahan, maka pasangan suami istri akan memperoleh manfaat dari pernikahan tersebut. Salah satu manfaatnya adalah memelihara kelangsungan jenis manusia di dunia yang fana ini. Kelahiran anak merupakan amanat dari Allah SWT kepada bapak dan ibu sebagai pemegang amanat yang harusnya dijaga, dirawat, dan diberikan pendidikan. Itu semua merupakan bagian dari tanggung jawab orang tua kepada anaknya.
Anak dilahirkan tidak dalam keadan lengkap dan tidak pula dalam keadaan kosong. Ia dilahirkan dalam keadaan fitrah. Memang ia dilahirkan dalam keadaan tidak tahu apa-apa, akan tetapi anak telah dibekali dengan pendengaran, penglihatan, dan kata hati.

Dengan diberikannya penglihatan, pendengaran, dan kata hati tersebut, diharapkan orang tua harus mampu membimbing, mengarahkan, dan mendidiknya dengan ekstra hati-hati karena anak sebagai peniru yang ulung. Oleh karena itu semaksimal mungkin orang tua memberikan pelayanan terhadap anaknya. Pelayanan yang maksimal akan menghasilkan suatu harapan bagi bapak ibunya, tiada lain suatu kebahagiaan hasil jerih payahnya. Sebab anak adalah sumber kebahagiaan, kesenangan, dan sebagai harapan dimasa yang akan datang.[8] Harapan-harapan orang tua akan terwujud, tatkala mereka mempersiapkan sedini mungkin pendidikan yang baik sebagai sarana pertumbuhan dan perkembangan bagi anak.

Memang diakui bahwa mengemudikan bahtera rumah tangga yang baik, yang sakinah, dan yang maslahah merupakan tugas kewajiban yang sangat rumit, tidak kalah rumitnya dengan mengelola sebuah pabrik, dan tidak kalah canggihnya dengan mengemudikan pesawat terbang karena orang tua harus siap untuk memperpadukan sekian banyak unsur dan dimensi mulai dari dimensi sikap mental, ilmu pengetahuan, ketrampilan dan lain sebagainya. Sebagai kewajiban dari orang tua, dalam hal ini adalah pemegang amanat, maka barang siapa yang mampu menjaga amanat tersebut akan diberi pahala, dan sebaliknya. Hal ini sesuai dengan janji Allah SWT dalam firmanya, QS.al-Kahfi (18) : 46.

“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia, tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahala disisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan”. (QS. Al-Kahfi : 46)

Dalam mendidik anak, tentunya harus ada kesepakatan antara bapak ibu sebagai orang tua, akan dibawa kepada pendidikan yang otoriter atau pendidikan yang demokratis atau bahkan yang liberal, sebab mereka penentu pelaksana dalam keluarga.

Dalam kehidupan masyarakat terkecil, yaitu keluarga, suami secara fungsional adalah penanggung jawab utama rumah tangga (keluarga) sedangkan istri adalah mitra setia yang aktif konstruktif mengelola rumah tangga. Operasionalisasi kehidupan berkeluarga sebaiknya dilakukan berdasarkan amar makruf nahi munkar.
Salah satu wujud amar makruf nahi munkar dalam kehidupan berkeluarga adalah memberikan pendidikan kepada putra putrinya berdasarkan ajaran Islam. Antara keluarga satu dengan keluarga lainnya mempunyai prinsip dan sistem sendiri-sendiri dalam mendidik anaknya. Namun orang tua jangan terbuai atau melupakan terhadap ajaran-ajaran Islam, terutama dalam hal pendidikan anak sebagaimana yang telah dicontohkan Rasul saw. sebagai pembawa panji-panji Islam, Rasul SAW tidak pernah mendidik putra-putrinya dengan pendidikan keras dan tidak dengan membebaskan anak-anaknya, tetapi beliau dalam mendidik keluarganya terutama kepada anak-anaknya adalah dengan limpahan kasih sayang yang amat besar. Senada dengan yang dikatakan oleh sahabat Anas ra. yaitu “aku tidak mendapatkan seseorang yang kasih sayangnya pada keluarganya melebihi Rasulullah SAW.”

Seorang muslim sepatutunya mencontoh teladan yang telah diberikan Rasul SAW, dalam memuliakan putra putrinya. Beliau dalam mendidik anak-anaknya melalui ajaran wahyu Ilahi yaitu dengan penuh kasih sayang terhadap anak-anaknya. Dengan pemberian kasih sayang tersebut, diharapkan dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebab anak merupakan aset masa depan. Sebagai orang tua dapat meneladani ajaran-ajaran Rasul SAW tersebut, melalui para pemikir dan pemerhati pendidikan (anak) dalam Islam. Salah satu pemerhati pendidikan (anak) dalam Islam yang memberikan gambaran yang benar sesuai dengan ajaran Islam adalah Ulwan. Ia memberikan pandangannya dalam mendidik anak dalam keluarga melalui metode-metode yang harus diterapkan dalam pendidikan anak termasuk dalam hal pendidikan moral. Apabila metode-metode tersebut diterapkan, niscaya apa yang menjadi harapan bersama sebagai muslimin yaitu tumbuhnya para generasi Islam yang tangguh dan sebagai penebar kebenaran, dapat direalisasikan.

Untuk mmemperoleh hasil yang baik dalam pelaksanaan pendidikan (moral) maka harus memenuhi beberapa faktor-faktornya. Salah satu faktornya adalah metode. Metode merupakan sarana untuk menyampaikan isi atau materi pendidikan tersebut, agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai dengan hasil yang baik.
Diantara metode pendidikan moral anak dalam keluarga yang ditawarkan oleh Abdullah Nashih Ulwan adalah :

1. Pendidikan dengan keteladanan

Menurut al-Ghazali anak adalah amanat bagi orang tuanya. Hatinya yang suci merupakan permata tak ternilai harganya, masih murni dan belum terbentuk. Orang tuanya merupakan arsitek atau pengukir kepribadian anaknya. Sebelum mendidik orang lain, sebaiknya orang tua harus mendidik pada dirinya terlebih dahulu. Sebab anak merupakan peniru ulung. Segala informasi yang masuk pada diri anak, baik melalui penglihatan dan pendengaran dari orang di sekitarnya, termasuk orang tua akan membentuk karakter anak tersebut. Apalagi anak yang berumur sekitar 3-6 tahun, ia senantiasa melakukan imitasi terhadap orang yang ia kagumi (ayah dan ibunya). Rasa imitasi dari anak yang begitu besar, sebaiknya membuat orang tua harus ekstra hati-hati dalam bertingkah laku, apalagi didepan anak-anaknya. Sekali orang tua ketahuan berbuat salah dihadapan anak, jangan berharap anak akan menurut apa yang diperintahkan. Oleh karena itu sudah sepantasnya bagi orang tua pemegang amanat, untuk memberikan teladan yang baik kepada putra putrinya dalam kehidupan berkeluarga. Keluarga merupakan sekolah pertama bagi anak. Orang tua terutama ibu merupakan pendidik pertama dan utama bagi anak dalam membentuk pribadinya.

Ibu mempengaruhi anak melalui sifatnya yang menghangatkan, menumbuhkan rasa diterima, dan menanamkan rasa aman pada diri anak. Sedangkan ayah mempengaruhi anaknya melalui sifatnya yang mengembangkan kepribadian, menanamkan disiplin, memberikan arah dan dorongan serta bimbingan agar anak tambah berani dalam menghadapi kehidupan.

Teladan yang baik dari orang tua kepada anak (sekitar umur 6 tahun) akan berpengaruh besar kepada perkembangan anak di masa mendatang. Sebab kebaikan di waktu kanak-kanak awal menjadi dasar untuk pengembangan di masa dewasa kelak. Untuk itu lingkungan keluarga harus sebanyak mungkin memberikan keteladanan bagi anak. Dengan keteladanan akan memudahkan anak untuk menirunya. Sebab keteladanan lebih cepat mempengaruhi tingkah laku anak. Apa yang dilihatnya akan ia tirukan dan lama kelamaan akan menjadi tradisi bagi anak. Hal ini sesuai firman Allah SWT QS. al-Ahzab ( 33) : 21.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al-Ahzab : 21)

Dalam hal keteladanan ini, lebih jauh Abdullah Nashih Ulwan menafsirkan dalam beberapa bentuk, yaitu :
a. Keteladanan dalam ibadah.
b. Keteladanan bermurah hati.
c. Keteladanan kerendahan hati.
d. Keteladanan kesantunan.
e. Keteladanan keberanian.
f. Keteladanan memegang akidah

Karena obyeknya anak (kanak-kanak) tentunya bagi orang tua dalam memberikan teladan harus sesuai dengan perkembangannya sehingga anak mudah mencerna apa yang disampaikan oleh bapak ibunya. Sebagai contoh agar anak membiasakan diri dengan ucapan “salam”, maka senantiasa orang tua harus memberikan ajaran tersebut setiap hari yaitu hendak pergi dan pulang ke rumah (keteladanan kerendahan hati). Yang penting bagi orang tua tampil dihadapan anak sesuai dengan ajaran-ajaran Islam, niscaya semua itu akan ditirunya.

2. Pendidikan dengan adat kebiasaan

Setiap manusia yang dilahirkan membawa potensi, salah satunya berupa potensi beragama. Potensi beragama ini dapat terbentuk pada diri anak (manusia) melalui 2 faktor, yaitu : faktor pendidikan Islam yang utama dan faktor pendidikan lingkungan yang baik. Faktor pendidikan Islam yang bertanggung jawab penuh adalah bapak ibunya. Ia merupakan pembentuk karakter anak. Hal ini sesuai dengan sabda Rasul SAW yang diriwayatkan oleh Muslim dan Abu Hurairah.

“Dari Abi hurairah ra. telah bersabda Rasulullah SAW. tidak ada anak yang dilahirkan, kecuali dalam keadaan fitrah. Maka kedua orang tuanyalah yang akan menjadikannya sebagai orang yahudi, nasrani, atau majusi”. (HR. Muslim)

Setelah anak diberikan masalah pengajaran agama sebagai sarana teoritis dari orang tuanya, maka faktor lingkungan harus menunjang terhadap pengajaran tersebut, yakni orang tua senantiasa memberikan aplikasi pembiasaan ajaran agama dalam lingkungan keluarganya. Sebab pembiasaan merupakan upaya praktis dan pembentukan (pembinaan) dan persiapan.

Pada umur kanak-kanak kecenderungannya adalah meniru apa yang dilakukan oleh orang-orang disekitarnya, baik saudara famili terdekatnya ataupun bapak ibunya. Oleh karena itu patut menjadi perhatian semua pihak, terutama orang tuanya selaku figur yang terbaik di mata anaknya. Jika orang tua menginginkan putra putrinya tumbuh dengan menyandang kebiasaan-kebiasaan yang baik dan akhlak terpuji serta kepribadian yang sesuai ajaran Islam, maka orang tua harus mendidiknya sedini mungkin dengan moral yang baik. Karena tiada yang lebih utama dari pemberian orang tua kecuali budi pekerti yang baik. Hal ini sesuai dengan sabda Rasul SAW yang diriwayatkan al-Tirmidzi dari Ayyub bin Musa.

"Diceritakan dari Ayyub bin Musa dari ayahnya dari kakeknya, bahwa Rasulullah saw bersabda : Tidak ada pemberian yang lebih utama dari seorang ayah kepada anaknya kecuali budi pekerti yang baik”. (H.R At-Tirmidzi)

Apabila anak dalam lahan yang baik (keluarganya) memperoleh bimbingan, arahan, dan adanya saling menyayangi antar anggota keluarga, niscaya lambat laun anak akan terpengaruh informasi yang ia lihat dan ia dengar dari semua perilaku orang– orang disekitarnya. Dan pengawasan dari orang tua sangat diperlukan sebagai kontrol atas kekeliruan dari perilaku anak yang tak sesuai dengan ajaran Islam.

3. Pendidikan dengan Nasihat
Pemberi nasihat seharusnya orang yang berwibawa di mata anak. Dan pemberi nasihat dalam keluarga tentunya orang tuanya sendiri selaku pendidik bagi anak. Anak akan mendengarkan nasihat tersebut, apabila pemberi nasihat juga bisa memberi keteladanan. Sebab nasihat saja tidak cukup bila tidak diikuti dengan keteladanan yang baik.

Anak tidak akan melaksanakan nasihat tersebut apabila didapatinya pemberi nasihat tersebut juga tidak melaksanakannya. Anak tidak butuh segi teoritis saja, tapi segi praktislah yang akan mampu memberikan pengaruh bagi diri anak.

Nasihat yang berpengaruh, membuka jalannya ke dalam jiwa secara langsung melalui perasaan. Setiap manusia (anak) selalu membutuhkan nasihat, sebab dalam jiwa terdapat pembawaan itu biasanya tidak tetap, dan oleh karena itu kata–kata atau nasihat harus diulang–ulang. Nasihat akan berhasil atau mempengaruhi jiwa anak, tatkala orangtua mampu memberikan keadaan yang baik. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS. al-Baqarah ( 2) : 44.

“Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kabaktian, sedang kamu melupakan diri (kewajiban) mu sendiri, Padahal kamu membaca al-Kitab (Taurat) ? maka tidakkah kamu berpikir ? (Q.S al-Baqarah : 44)

Agar harapan orang tua terpenuhi yakni anak mengikuti apa– apa yang telah diperintahkan dan yang telah diajarkannya, tentunya disamping memberikan nasihat yang baik juga ditunjang dengan teladan yang baik pula. Karena pembawaan anak mudah terpengaruh oleh kata–kata yang didengarnya dan juga tingkah aku yang sering dilihatnya dalam kehidupan sehari–hari dari pagi hari sampai sore hari.

Nasihat juga harus diberikan sesering mungkin kepada anak–anak masa sekolah dasar, sebab anak sudah bersosial dengan teman sebayanya. Agar apa–apa yang telah diberikan dalam keluarganya tidak mudah luntur atau tepengaruh dengan lingkungan barunya.

Penyajian atau memberikan nasihat itu ada pembagiannya, yaitu :

a. Menyeru untuk memberikan kepuasan dengan kelembutan atau penolakan.
Sebagai contohnya adalah seruan Lukman kepada anak–anaknya, agar tidak mempersekutukan Allah SWT. Q.S. Lukman (31) :13.

“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya : “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar–benar kezaliman yang besar.” (Q.S Luqman : 13).

b. Metode cerita dengan disertai tamsil ibarat dan nasihat
Metode ini mempunyai pengaruh terhadap jiwa dan akal. Biasanya anak itu menyenangi tentang cerita-cerita. Untuk itu orang tua sebisa mungkin untuk memberikan masalah cerita yang berkaitan dengan keteladanan yang baik yang dapat menyentuh perasaannya.Sebagaimana firman-Nya dalam QS. al-A`raf (7) : 176.

“… Maka ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berpikir”.[24]

c. Pengarahan melalui wasiat
Orang tua yang bertanggung jawab tentunya akan berusaha menjaga amanat-Nya dengan memberikan yang terbaik buat anak demi masa depannya dan demi keselamatannya.

4. Pendidikan dengan Perhatian
Sebagai orangtua berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan–kebutuhan anaknya, baik kebutuhan jasmani ataupun kebutuhan yang berbentuk rohani. Diantara kebutuhan anak yang bersifat rohani adalah anak ingin diperhatikan dalam perkembangan dan pertumbuhannya.

Pendidikan dengan perhatian adalah mencurahkan, memperhatikan dan senantiasa mengikuti perkembangan anak dalam pembinaan akidah dan moral, persiapan spiritual dan sosial, disamping selalu bertanya tentang situasi pendidikan jasmani dan daya hasil ilmiahnya.

Orang tua yang bijaksana tentunya mengetahui perkembangan-perkembangan anaknya. Dan ibu adalah pembentuk pribadi putra putrinya lebih besar prosentasenya dibanding seorang ayah. Tiap hari waktu Ibu banyak bersama dengan anak, sehingga wajar bila kecenderungan anak lebih dekat dengan para ibunya. Untuk itu ibu diharapkan mampu berkiprah dalam mempersiapkan pertumbuhan dan perkembangan putra-putrinya.

Orang tua yang baik senantiasa akan mengoreksi perilaku anaknya yang tidak baik dengan perasaan kasih sayangnya, sesuai dengan perkembangan usia anaknya. Sebab pengasuhan yang baik akan menanamkan rasa optimisme, kepercayaan, dan harapan anak dalam hidupnya. Dalam memberi perhatian ini, hendaknya orang tua bersikap selayak mungkin, tidak terlalu berlebihan dan juga tidak terlalu kurang. Namun perhatian orang tua disesuaikan dengan perkembangan dan pertumbuhan anak.

Apabila orang tua mampu bersikap penuh kasih sayang dengan memberikan perhatian yang cukup, niscaya anak-anak akan menerima pendidikan dari orang tuanya dengan penuh perhatian juga. Namun pangkal dari seluruh perhatian yang utama adalah perhatian dalam akidah.

5. Pendidikan dengan memberikan hukuman
Hukuman diberikan, apabila metode-metode yang lain sudah tidak dapat merubah tingkah laku anak, atau dengan kata lain cara hukuman merupakan jalan terakhir yang ditempuh oleh pendidik, apabila ada perilaku anak yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Sebab hukuman merupakan tindakan tegas untuk mengembalikan persoalan di tempat yang benar. Hukuman sesungguhnya tidaklah mutlak diberikan. Karena ada orang dengan teladan dan nasehat saja sudah cukup, tidak memerlukan hukuman. Tetapi pribadi manusia tidak sama seluruhnya. Sebenarnya tidak ada pendidik yang tidak sayang kepada siswanya. Demikian juga tidak ada orang tua yang merasa senang melihat penderitaan anaknya. Dengan memberikan hukuman, orang tua sebenarnya merasa kasihan terhadap anaknya yang tidak mau melaksanakan ajaran Islam. Karena salah satu fungsi dari hukuman adalah mendidik. Sebelum anak mengerti peraturan, ia dapat belajar bahwa tindakan tertentu benar apabila tidak menerima hukuman dan tindakan lainnya salah apabila mendapatkan suatu hukuman.

Dalam memberikan hukuman ini diharapkan orang tua melihat ruang waktu dan tempatnya. Diantara metode memberikan hukuman kepada anak adalah :
a. Menghukum anak dengan lemah lembut dan kasih sayang.
b. Menjaga tabiat anak yang salah.
c. Hukuman diberikan sebagai upaya perbaikan terhadap diri anak, dengan tahapan yang paling akhir dari metode-metode yang lain.

Memberi hukuman pada anak, seharusnya para orang tua sebisa mungkin menahan emosi untuk tidak memberi hukuman berbentuk badaniah. Kalau hukuman yang berbentuk psikologis sudah mampu merubah sikap anak, tentunya tidak dibutuhkan lagi hukuman yang menyakitkan anak tersebut. Hukuman bentuknya ada dua, yakni hukuman psikologis dan hukuman biologis.

Bentuk hukuman yang bersifat psikologis adalah :
a. Menunjukkan kesalahan dengan pengarahan.
b. Menunjukkan kesalahan dengan memberikan isyarat.
c. Menunjukkan kesalahan dengan kecaman.

Hukuman bentuk psikologis ini diberikan kepada anak dibawah umur 10 tahun. Apabila hukuman psikologis tidak mampu merubah perilaku anak, maka hukuman biologis lah yang dijatuhkan tatkala anak sampai umur 10 tahun tidak ada perubahan pada sikapnya. Hal ini dilakukan supaya anak jera dan tidak meneruskan perilakunya yang buruk. Sesuai sabda Rasul SAW yang diriwayatkan Abu Daud dari Mukmal bin Hisyam.

"Suruhlah anak kalian mengerjakan shalat, sedang mereka berumur tujuh tahun, dan pukulilah mereka itu karena shalat ini, sedang mereka berumut sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka”. (HR. Abu Daud)




 
Berat : 1.2 kg

Harga: Rp.135.000

Jangan Dekati Zina

Penulis : Ibnu Qayyim al-Jauziyyah
Penerbit : Darul Haq

Jangan Dekati ZinaDetail Produk
Persoalan seks dewasa ini dihamburkan melalui berbagai media dengan bebas, masyarakat akhirnya menganggap maksiat zina sebagai hal yang lumrah, na'udzubillah. Padahal -sebagaimana kata Imam Ahmad- tidak ada dosa setelah dosa membunuh yang lebih besar dari dosa zina.Buku ini dengan sangat baik, ringkas dan padat menjelaskan tentang pintu-pintu maksiat termasuk zina, akibat zina dan apa-apa yang harus dilakukan untuk menghindarkan diri daripadanya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala menjaga kita, keturunan kita dan segenap umat Islam sehingga tidak terjerumus pada perbuatan keji tersebut amin.




 
Berat : 0.2 kg

Harga: Rp.12.000

La Tahzan - Jangan Bersedih !

Penulis:Dr. `Aidh al-Qarni
Penerbit: Qisthi Press

Cover: Hard Cover
Halaman: 572 halaman

La Tahzan - Jangan Bersedih !Detail Produk
Sebagai salah satu buku kategori pencerahan hati (an-nafsu al-muthma`innah), Lâ Tahzan menawarkan terapi yang lebih dekat dengan al-Qur`an dan Sunah, ketimbang renungan-renungan reflektif semata. Lâ Tahzan menjadi buku terlaris di Timur Tengah karena sejak cetakan pertamanya (th 2001), buku ini telah terjual lebih dari 1 juta eksemplar.

Buku ini telah melambungkan nama penulisnya, Dr. `Aidh al-Qarni, seorang doktor dalam bidang hadis yang hafiz Qur`an, ribuan hadis, dan juga ribuan bait syair Arab kuno hingga modern. Dalam usianya yang masih sangat muda, ia telah menjadi penulis paling produktif di Saudi Arabia saat ini.

Di Indonesia, buku ini mendapat sambutan luar biasa dan telah terjual puluhan ribu eksemplar.




 
Berat : 1 kg

Harga: Rp.105.000

Mencetak Generasi Rabbani

Mendidik Buah Hati Menggapai Ridha Ilahi

Penulis : Ummu Ihsan & Abu Ihsan al-Atsari
Penerbit: Pustaka Imam Asy-Syafi'i

Soft Cover
Ukuran 15.5cm x 23.5cm
Jumlah halaman XVI + 299 Lembar B/W
Kertas HVS
Mencetak Generasi RabbaniDetail Produk
Bicara soal anak, kita semua punya keinginan sama. Sewaktu anak itu lahir kita ingin ia tumbuh sehat dan lucu. Demi asa itu, kita tak segan keluar tenaga dan biaya. Tapi ingat! sehat dan lucu saja belum cukup.

Kita ingin anak itu tumbuh cerdas dan mengukir segudang prestasi. Demi harapan itu, kita rela menguras otak dan mengerahkan segala usaha. Tapi ingat! Cerdas dan berprestasi saja juga belum cukup.

Kalaulah sekarang kita mendapatkan apa yang kita mau. Anak kita tumbuh sehat dan lucu, cerdas dan mengukir segudang prestasi, akankah itu berguna bagi kita di dunia dan akhirat?

Sebagai orang tua, kita harus berbekal ilmu yang memadai. Tidak berlebihan kiranya jika dikatakan bahwa ilmu pendidikan anak adalah cabang ilmu khusus yang harus dikuasai setiap orang tua bahkan sebelum mereka berpredikat sebagai orang tua.

Buku ini membahas ilmu mendidik anak, mulai dari lahir hingga dewasa. Dikupas secara mudah dan lengkap. Semoga anak kita menjadi anak-anak yang soleh dan solehah. Amin





Harga: Rp.70.000

Mendidik Anak Laki-laki

Bagaimana Menyiapkan Generasi Islam yang Unggul

Penulis: DR Khalid Asy-Syantut
(Pakar Pendidikan King Abdul Aziz University)

Penerbit: Aqwam
Mendidik Anak Laki-lakiDetail Produk
Apakah selama ini Anda termasuk orang yang percaya pada teori adanya masa puber pada anak muda? Apakah Anda juga yakin bahwa anak muda harus melalui fase tertentu, dimana ia akan mengalami kegoncangan psikis dan krisis jati diri? Apakah Anda juga permisif dan memaklumi tingkah polah tak karuan anak muda mengatasnamakan bagian dari metode pendidikan?


Buku ini mengajak Anda untuk membuang jauh-jauh teori di atas yang sebetulnya tidak berdasar. Dimulai dari fakta bahwa pemuda yang cukup kebutuhan jasmani dan rohaninya akan melewati masa mudanya dengan aman tanpa gejolak. Juga penyadaran bahwa dalam Islam tidak dikenal istilah remaja (al murahiq) yang identik dengan krisis jati diri. Yang ada hanya istilah pemuda (syabaab) yang lekat dengan semangat maju dan masa depan cerah.

Penulis memberikan komparasi utuh dua kelompok masyarakat yang membentuk kehidupan pemuda, antara masyarakat materialistis di perkotaan dengan masyarakat pedesaan yang masih bebas dari gaya hidup masyarakat pertama. Komparasi tersebut akhirnya menggiring pada sebuah kesimpulan sejauh mana komitmen mesyarakat terhadap Islam, sejauh itu ia akan memberikan jaminan bagi pemuda untuk melewati fase kehidupannya dengan baik dan selamat.


Tak berhenti hanya di teori kertas semata, penulis juga menyodorkan satu pola pendidikan praktis bagi para pemuda dengan menjadikan masjid sebagai sentral utama pergaulan sekaligus pendidikan non formalnya. Sudah saatnya mengakhiri krisis moral pemuda dengan resep dan nilai-nilai Islam, dan mendekatkan masjid dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Bagaimana caranya? Temukan di buku islami ini.




 
Berat : 400 gram

Harga: Rp.43.000

FATWA FATWA TERKINI (3 Jilid)

Penyusun: Majmu'ah Minal Ulama
- Syaikh Abdul Aziz bin Baz
- Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin
- Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al_Jibrin
- Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdullah al-Fauzan
- Lajnah Dai'mah

Penerbit: Darul Haq
FATWA FATWA TERKINI (3 Jilid)Detail Produk
Hard Cover
Jilid 1: Rp.105.000 (656 hal)
Jilid 2: Rp.105.000 (720 hal)
Jilid 3: Rp.105.000 (578 hal)


Satu hal yang selaras dengan akal manusia, bahwa ucapan kelompok manapun dalam suatu masalah tidak akan diterima kecuali bila mereka yang mengucapkannya adalah orang yang menekuni dan menguasai bidang tersebut. Adalah aneh bilamana Anda melihat banyak di antara kaum muslimin begitu mudah menerima ajaran agama mereka dari siapa saja tanpa proses pengecekan atau penelitian terlebih dahulu.Kita sering menyaksikan dan mendengar kelompok-kelompok orang yang berlomba-lomba mengeluarkan fatwa sebelum merujuk kepada ahlinya, menyanggah hukum syari’at, padahal mereka bukan ahlinya serta suka mengevaluasi pendapat ulama padahal mereka ibarat orang yang duduk di deretan paling belakang dalam suatu kafilah.

Manakala kebanyakan orang telah bermalas-malasan untuk mencari ulama dan bertanya kepada mereka serta adanya orang yang tak dikenal yang terlalu berani mengeluarkan pernyataan dan fatwa, maka terjadilah sebagaimana yang diberitakan oleh Rasulullah SAW bahwa kelak manusia akan menjadikan orang-orang yang jahil sebagai pemimpin, mereka ditanyai lalu memberikan fatwa tanpa landasan ilmu sehingga mereka sesat dan menyesatkan.

Oleh karena itu, amat mendesak sekali kebutuhan akan adanya pendekatan melalui fatwa dan jawaban terhadap masalah yang tengah dialami oleh setiap muslim dan muslimah, sehingga bagi pencari kebenaran terdapat peluang untuk mendapatkannya dan menimba dari sumbernya yang orisinil, apalagi bila sumbernya itu mampu memuaskan kebutuhan dan menuntaskannya.

Bagi siapa saja yang mengamati buku yang penuh mutiara-mutiara fatwa dan ucapan berharga ini, baik dari sisi telaah, analisa, tata letak bab, susunan dan penyebutan sumber serta takhrij yang dilakukan oleh pengoleksinya, pasti dia akan mengatakan bahwa pekerjaan ini bukanlah hal yang gampang apalagi dianggap kecil artinya. Saya bermohon kepada Allah SWT agar menjadikan buku ini bermanfaat bagi yang telah mengumpulkannya, membacanya dan mengamalkannya serta bermanfaat bagi kaum muslimin seluruhnya.





 
Berat : 4 kg

Harga: Rp.315.000

Fiqih Sunnah Wanita

- Panduan Lengkap Wanita Muslimah

Segala hukum fiqih yang berkaitan dengan wanita ada disini

Penulis: Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim, Penerbit: Griya Ilmu
Fiqih Sunnah WanitaDetail Produk
Tidak diragukan lagi bahwa pelaksanaan ibadah kepada Allah memiliki syarat-syarat, rukun-rukun, dan kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi demi kesempurnaan ibadah tersebut. Jalan satu-satunya yang harus ditempuh adalah mempelajari langsung dari sumbernya. Oleh karena itulah, menuntut ilmu diwajibkan kepada kaum Muslimin dan Muslimat. Bahkan, Imam Ibnul Jauzi berkata, “Perempuan adalah orang yang diberi beban syariat sama dengan laki-laki. Mereka diwajibkan menuntut ilmu yang wajib mereka ketahui agar mereka merasa yakin dalam menjalankan ibadahnya.”

Para wanita (sahabiyah) di zaman Rasulullah menghadiri majelis-majelis ilmu. Mereka mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tidak mungkin diajukan oleh perempuan-perempuan zaman sekarang karena malu. Sampai-sampai ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha memuji para sahabiyah ini dengan mengatakan, “Sebaik-baik wanita adalah wanita Anshar, rasa malu tidak pernah menghalangi mereka untuk belajar (memahami) agama.” (Shahih Muslim)

Buku "Fiqih Sunnah Wanita" ini, merupakan sebuah usaha penulis yang insya Allah dipenuhi oleh keberkahan dalam meniti jalan para salafush shalih. Dalam buku ini, penulis mengumpulkan berbagai macam pengetahuan agama yang sangat penting dan harus diketahui oleh wanita Muslimah. Penulis menerapkan metode penulisan yang sangat baik dengan menyajikan istilah-istilah yang mudah dipahami, urutan-urutan yang baik dan keshahihan dalil-dalil. Beliau juga selalu mengembalikan pemahamannya kepada pendapat-pendapat ulama salaf.

Penulis tidak berpanjang lebar dalam pembahasan untuk menghindari kebosanan. Tidak juga terlalu ringkas sehingga melewatkan poin-poin penting. Alhasil, buku ini perlu untuk dijadikan pegangan wanita Muslimah dalam menjalankan segenap ibadah kepada Allah Ta’ala.
 
Berat : 1.2 kg

Harga: Rp.110.000

Fiqih Sunnah Wanita

Judul Asli : FIQHUS SUNNAH Lin-NISAA'
Judul Terjemah: FIQIH SUNNAH WANITA, 2 Jilid
Penulis : Abu Malik Kamal
Penerbit: Pena

Ukuran : 15.5 x 24 cm
Hard Cover (Box)
624 Halaman (2 Jilid)
Fiqih Sunnah WanitaDetail Produk
Satu Lagi buku bertema Fiqih Wanita, Kami hadirkan untuk Anda. Tentunya dengan kelebihan-kelebihan yang tidak di dapat dalam buku-buku lain yang sejenis.

Kelebihan-kelebihan apa saja yang akan Anda dapat dalam buku ini?
• Mencakup sejumlah besar penjelasan mengenai hal-hal yang perlu diketahui oleh para wanita.
• Mengupas juga hukum-hukum yang berkaitan dengan laki-laki karena wanita itu adalah mitra laki-laki.
• Merujuk kepada Al-Qur'an dan Sunnah Nabawiyah, serta membebaskannya dari kepentingan pribadi dan manusia.
• Bahasa yang mudah di cerna, tidak bertele-tele, tidak membosankan, dan konstektual bagi wanita masa kini, tetapi tetap mendalam.
• Komparasi dalil pendapat para ulama, namun lebih banyak mengungkapkan pendapat yang paling kuat.
Jilid Pertama, 287 halaman; Mengupas sekitar Masalah Thaharah, Shalat, Zakat, Sedekah, Puasa, pakaian dan Perhiasan
Jilid Kedua, 287 halaman; Mengupas sekitar Masalah Makanan-Minuman, Jenazah, Haji-Umrah, Sumpah-Nazar, Pernikahan, Perceraian dan Warisan.





 
Berat : 2 kg

Harga: Rp.140.000

Chicken Soup Untuk Remaja

Penulis : Muhammad Imam Zainudin
Penerbit: Sukses Publishing
Chicken Soup Untuk RemajaDetail Produk
Remaja muslim dan muslimah era kontemporer berada di depan tantangan budaya modern yang mengancam identitas kemuslimahan mereka. Tantangan itu begitu tampak indah dan menggiurkan, sehingga nyaris bagi remaja muslimah menyelamatkan dirinya, apalagi menundukkannya. Namun Allah masih melimpahkan rahmatNya kepada sebagian gadis muslimah, sehingga mereka terhindar dari budaya modern yang tampak indah namun ganas itu.

Kisah perjalanan dan pengelaman mereka yang mendapatkan karunia itu benar-benar melimpahkan hikmah dalam jiwa-jiwa yang mau mengambil pelajaran. Dengan ketulusan berbagi hikmah, buku "Chicken Soup Untuk Remaja" ini hadir.Sungguh buku ini menjadi taman yang menyejukkan hati remaja-remaja muslim dan muslimah.




 
Berat : 650 gram

Harga: Rp.36.000

Chicken Soup for Muslimah

Penulis: Syaikh ali bin Ahusain Sindi
Penerbit: SHAFA PUBLIKA
Chicken Soup for MuslimahDetail Produk
kehidupan kontemporer yang mengecilkan peran agama (baca: Islam) tengah memberikan tantangan yang serius bagi para muslimah untuk mempertahankan predikat kemuslimahannya. Sebagian aktivis gender menganggap Islam hanya belenggu kebebasan. Namun ironinya, yang didapat pada aktivis gender dan para pengekornya justru pelecehan dan perendahan martabat kewanitaan. Banyak di antara mereka bertaubat setelah merasakan kenyataan pahit pelecehan dan kehampaan jiwa. Pengalaman mereka mereguk gemerlap kehidupan modern yang semu berujung kepada air mata penyesalan. Sebagian jiwa perlu lebih dahulu merasakan kepahitan dan rasa sakit untuk menyadari sebuah kesalahan. Tetapi yang terbaik adalah tidak menunggu merasakan pengalaman pahit untuk menjadi orang baik, jika pelajaran dalam kehidupan nyata sudah cukup banyak terpampang di depan mata. Lebih baik menghindar dari sakit tanpa harus lebih dahulu merasakan sakit. Seperti halnya tanpa harus berdosa dulu untuk menghindar dari dosa. Buku Chicken Soup for Muslimah menyajikan menu pelajaran kehidupan agar para muslimah tidak mengulang-ulang kesalahan yang sama. Punya semangat untuk senantiasa lebih baik. Jika terjatuh akan segera bangkit dan tidak terpuruk. Jika sukses tidak akan lupa diri dan masih terus menginjak bumi. Ya, karena mempelajari pengalaman adalah terapi jiwa dalam situasi suka maupun duka, manis ataupun pahitmempelajari pengalaman adalah terapi jiwa dalam situasi suka maupun duka, manis ataupun pahit. Selamat membaca!




 
Berat : 600 gram

Harga: Rp.34.000

Buhul Cinta

Upaya Melestarikan Cinta Pasutri Hingga ke Surga!

Penulis : Armen Halim Naro
Penerbit: Pustaka Imam Asy-Syafi'i
Buhul Cinta Detail Produk
Cinta adalah air kehidupan bahkan ia adalah rahasia kehidupan…

Cinta adalah kelezatan ruh bahkan ia adalah ruh kehidupan…

Dengan cinta menjadi terang semua kegelapan…

Dengan cinta akan cerah alam kemanusiaan…

Dengan cinta akan bersemi perasaan…

Dan dengan cinta akan jernih segala pikiran…

Karena cinta semua kesalahan akan dimaafkan…

Karena cinta, semua kelalaian akan diampunkan…

Karena cinta, akan dibesarkan arti kebaikan…

Sekiranya lautan mempunyai pantai,

Dan sekiranya sungai mempunyai muara,

Dan sekiranya jalan punya tapal batasnya…

Maka lautan cinta tak berpantai dan sungai cinta tak bermuara…

Serta jalan cinta tak terbatas…




 
Berat : 150 gram

Harga: Rp.10.000

Meniti di Atas KABUT (Sandiwara Langit 2)

Kisah Nyata Penggugah Iman

Penulis : Abu Umar Basyier
Penerbit : Shafa Publika
Meniti di Atas KABUT (Sandiwara Langit 2)Detail Produk
Tersebutlah Abbas, seorang pemuda yang berasal dari keluarga kaya. Kehidupannya sehari-hari ia habiskan untuk bersenang-senang.

Ayah ibunya telah meninggal saat ia berusia 20 tahun. Takdir Allah menentukan ia berjodoh dengan Azizah, seorang gadis muslimah bercadar yang sholehah.

Bagi Abbas, itulah rezeki Allah yang paling berharga. Azizah, istri tercintanya sangat mempengaruhi titik balik arah hidupnya untuk meniti jalan kebenaran. Namun perubahan itu menghadapkannya kepada tantangan dari saudara-saudaranya. Tantangan yang akhirnya menjadi ujian besar kehidupan rumah tangga Abbas. Berbagai macam ujian menimpa bahtera rumah tangga mereka, Bagaimana Abbas dan istrinya melewati tantangan itu? Ikuti kisahnya di Buku Sandiwara Langit 2 Meniti diatas Kabut karya abu umar Basyier.




 
Berat : 0.3 kg

Harga: Rp.44.000

Stop !! KDRT

Pengarang: Abu Hamzah Abdul Lathif al-Ghamidi
Penerbit: PUSTAKA IMAM ASY SYAFI I
Stop !! KDRTDetail Produk
Kekerasan dalam rumah tangga belakangan ini, hampir kita dengar dan kita lihat setiap hari di media massa atau di sekitar kita. Dari yang berskala kecil hingga besar. Dari yang sifatnya perkataan hingga perbuatan. Dan, selalu, ketika kekerasan itu muncul, harmoni keluarga terkoyak, prahara pun tak terelak.

Islam sangat peduli terhadap bentuk kekerasan ini. Karena sejatinya, Islam mengusung misi damai dan anti kekerasan. Rumah tangga Rasulullah sendiri adalah cermin keluarga yang damai dan tanpa kekerasan. Semua individu di dalamnya merasa tenang dan bahagia. Riak masalah memang kadang muncul, namun, itu bisa diselesaikan tanpa menggunakan kekerasan.

Buku ini menampilkan bentuk-bentuk kekerasan dalam rumah tangga oleh siapa pun yang hidup di dalamnya. Tidak hanya oleh suami terhadap istri, orang tua terhadap anak, tetapi juga sebaliknya. Bahkan oleh setiap individu yang ada di dalam rumah tangga tersebut. Selanjutnya, dihadirkan solusinya dengan mengembalikan segala permasalahan kekerasan tersebut kepada kaidah Islam yang benar, yang sesuai dengan bimbingan al-Qur-an dan as-Sunnah. Selamat menyimak
 
Berat : 0.6 kg

Harga: Rp.50.000

Kado Pernikahan

Penulis: Syaikh Hafizh Ali Syuaisyi'
Penerbit: Pustaka Al-Kautsar
Kado PernikahanDetail Produk
Ukuran : 15,5 x 24,5 cm
Halaman : xxviii + 534 hlm


Menikah adalah sunnah Rasulullah dan sunnah para rasul kekasih Allah. Sunnah yang paling membawa kenikmatan dan sekaligus bertabur pahala dan kemuliaan. Betapa indah dan bahagia, sebuah pernikahan yang dibangun di atas pondasi keimanan dan kasih sayang, diliputi semangat saling memahami dan melayani, dan dihiasi keluasan ilmu dan budi pekerti.

Pernikahan yang demikian, adalah idaman dan dambaan setiap dua insan sepasang. Bahtera rumah tangga yang dibinanya siap berlayar mengarungi samudera kehidupan yang demikian panjang; terkadang berjalan mulus dan lancar, dan terkadang penuh badai dan gelombang. Namun, dengan niat dan tekad yang kuat, mereka berhasil melewatinya, dam sukses merengguk keindahan intan dan permatanya.

Buku "Kado Pernikahan" yang ada di hadapan Anda ini, merupakan hadiah terindah dari penulis, yang akan menjadi panduan lengkap dan praktis buat saudara-saudaranya yang merindukan kebahagiaan dan kesuksesan -dunia dan akhirat- dalam membangun rumah tangganya, lebih-lebih dalam meraih kenikmatan di malam-malam pertamanya. Buku ini, dilengkapi dengan berbagai tanya jawab mengenai kasus-kasus yang muncul di tengah-tengah masyarakat, sehingga benar-benar menjadi lebih lengkap dan sempurna.




 
Berat : 750 gram

Harga: Rp.98.000

25 Kiat Mempengaruhi Jiwa dan Akal Anak

Penulis: Muhammad Rasyid Dimas
Penerbit: Robbani Press
25 Kiat Mempengaruhi Jiwa dan Akal AnakDetail Produk
Jangan main-main dengan pendidikan anak. Salah dalam melakukan pendekatan, bisa-bisa anda malah menghancurkan masa depan mereka. Pastikan bahwa pendekatan Anda kepada anak cukup mengesankan dan mudah diterima anak.




 
Berat : 200 gram

Harga: Rp.22.000

Panduan Kesehatan Wanita

Penulis: dr. Avie Andriyani
Penerbit: AS-SALAM
Panduan Kesehatan WanitaDetail Produk
Bagi seorang wanita, kesehatan merupakan komoditas berharga, karena tidak hanya bermamfaat bagi diri sendiri, melainkan juga untuk orang lain di sekitarnya.

Di buku ini, Anda akan mendapatkan banyak informasi kesehatan penting terkait dengan haid, kehamilan, persalinan, nifas, menyusui, dan monopause. Sebagian pembahasan yang terdapat dalam buku ini, antara lain:

- bagaimana proses terjadinya haid

- bagaimana menghitung siklus haid

- bagaimana menentukan masa subur

- macam-macam gannguan haid

- keputihan

- PMS (Pre Menstruation Syndrome)

- nyeri haid

- mengenali tanda kehamilan

- bagaimana cara menentukan HPL (Hari Perkiraan Lahir)

- bagaimana gambaran janin dalam rahim

- pantangan bagi ibu hamil

- keluhan selama hamil dan solusinya

- mengenali tanda bahaya pada kehamilan

- keguguran

- mengenali tanda-tanda persalinan

- kala dan fase melahirkan

- perawatan saat nifas

- berbagai permasalahan pasca persalinan

- tehnik menyusui yang benar

- permasalah ketika menyusui

- dan pembahasan tentang monopause

Buku ini juga dilengkapi dengan suplemen yang berisi aneka tips untuk wanita, meliputi tips merawat organ kewanitaan, sadari (periksa payudara sendiri), tips perawatan payudara ketika hamil, dan tips berpuasa bagi ibu hamil dan menyusui.

Jangan lewatkan kolom konsultasi, Konsultasi yang menjawab berbagai pertanyaan yang biasa diajukan kepada dokter, seperti:

- bagaimana cara mengetahui nyeri haid yang dialami tergolong normal atau bermasalah?

- apakah USG yang dilakukan akan membahayakan janin dalam kandungan?

- haruskah mengonsumsi suplemen dan susu khusus ibu hamil?

- kapan waktu yang tepat untuk hamil lagi setelah mengalami keguguran?

- bolehkah tetap menyusui dalam kondisi hamil lagi?

- bagaimana cara mengatasi kebiasaan gumoh pada bayi?

Dan masih banyak lagi informasi kesehatan berharga yang patut untuk anda simak dan cermati

Buku ini hadir karena kini saatnya kaum wanita mampu membuat pilihan, cerdas dan positif untuk kesehatan dan masa depannya.




 
Berat : 400 gram

Harga: Rp.57.500

Misteri Umur 40 Tahun

Penulis : Ali bin Said Da’jam
Penerbit : Pustaka At-Tibyan

Misteri Umur 40 TahunDetail Produk
Tebal : 128 hal

Sinopsis:

Rasulullah -shallallaahu 'alaihi wasallam- diangkat Allah -Ta'ala- menjadi Rasul ketika berusia 40 tahun. Demikian pula para Nabi dan Rasul yang lainnya.

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa penyakit gula (misalnya) jika menimpa seseorang sebelum usia 40 tahun berarti karena faktor keturunan, namun jika datangnya sesudah usia 40 tahun berarti karena sebab tertentu.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa usia 40 tahun adalah masa puber kedua bagi seseorang.Ada juga yang mengatakan bahwa keberhasilan seseorang bisa dilihat apa yang terjadi padanya ketika sudah masuk usia 40 tahun.

Dan pada umumnya uban mendatangi rambut seseorang pada masa usia tersebut, meskipun ada yang datang lebih awal.
Lantas ada apa sebenarnya dengan usia 40 tahun?! Benarkan demikian keadaannya?! Jika anda orang yang telah mencapai usia 40 tahun atau mendekati usia tersebut atau pun masih kurang darinya, dan anda termasuk yang peduli dengan keberhasilan hidup serta memandang berharganya sebuah waktu dan kesempatan, maka hendaklah anda memiliki dan membaca buku ini.

Anda akan dapatkan jawaban yang jelas dan tuntas yang akan menghilangkan sikap penasaran anda sendiri tentang makna dan rahasia dibalik usia 40 tahun.
Selamat menyimak semoga bermanfa’at!!

Aamiin... Yaa Rabbal ‘Aalamiin...




 
Berat : 200 gram

Harga: Rp.18.000

28 Cara Agar Orangtua Dicintai Anaknya

Penulis: DR. Muhammad Fahd Ats-Tsuwaini
Penerbit: Mumtaza
28 Cara Agar Orangtua Dicintai AnaknyaDetail Produk
Isi: 120 halaman

Ternyata, tak sepelik yang dikira untuk meraih cinta dari anak-anak kita!
Anak Anda bandel, enggan mendengarkan nasihat, dan lebih sering melakukan tindakan yang menjengkelkan? Hmm... Sepertinya, Anda bukanlah sosok yang dicintai anak-anak Anda. Lalu, bagaimana caranya untuk menghindarkan itu semua dari kehidupan rumah tangga Anda?
Alfabet Cinta jawabannya!




 
Berat : 150 gram

Harga: Rp.22.000

Produk ini habis terjual.

Bersama Sang Kekasih di Surga

Penulis : Said Yai bin Imanul-Huda, Lc.
Pengantar : Dr Muhammad Arifin Badri, MA
Penerbit : Darus Sunnah
Bersama Sang Kekasih di SurgaDetail Produk
Ukuran : 20,5 × 13,5 cm
Tebal : xxiv + 274 hlm




 
Berat : 300 gram

Harga: Rp.37.000

CINTA BUTA Bimbingan dalam Menemukan Cinta yang Islami

Penulis : Syaikh Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd
Penerbit: Darus Sunnah
CINTA BUTA Bimbingan dalam Menemukan Cinta yang IslamiDetail Produk
Ukuran : 12,5 × 19,5 cm
Tebal : 124 hlm


Tidak ada yang lebih sengsara di dunia ini dari
‘pemabuk cinta’
Meskipun ia merasakan manisnya ‘cinta’
Ia selalu menangis setiap saat
Ia takut berpisah, selalu rindu, dan takut kehilangan kekasihnya.

Jangan biarkan ‘cinta buta’ berkobar di dalam dada
Mabuk cinta lebih dahsyat dari penyakit gila
Waktu tidak akan membuat sadar orang yang mabuk cinta
Tetapi, waktu dapat menyadarkan orang yang sakit gila.

Cinta tanpa bimbingan cahaya ilahi
Hanya akan menjadi virus keimanan dan sumber kesyirikan
Mabuk cinta akan membawa pelakunya
Menjadikan kekasihnya di atas segala-galanya.




 
Berat : 140 gram

Harga: Rp.16.000

WASIAT Perpisahan

Penulis: Yazid bin Abdul Qadir Jawas
Penerbit: Pustaka At-Taqwa





 
Berat : 100 gram

Harga: Rp.14.000

KADO Buat UMMI

Penulis: Ibrahim Al-Mahmud
Penerbit: Darul Falah
KADO Buat UMMIDetail Produk
96 hlm/saku

Di hadapan Adinda telah hadir risalah kecil dalam menyambut kedatangan Si Buah Hati yang dituntunkan dari Kitabullah dan Sunnah Nabi Muhammad Saw. Kepada Allah Swt kita memohon akan lahirnya ibu yang shalihah sehingga melahirkan anak-anak yang shalih dan shalihah.




 
Berat : 75 gram

Harga: Rp.7.000

Pendidikan CEMBURU Muslimah

Penulis: Mazin Abdul Karim Al-Furaih
Penerbit: Darul Falah
Pendidikan CEMBURU MuslimahDetail Produk
88 hlm/saku

Ibnul Zayyim berkata:”Jika rasa cemburu hilang dari hati, maka cinta pun hilang pula, bahkan agama hilang darinya. Rasa cemburu merupakan landasan jihad dan amar ma'ruf nahi munkar. Jika cemburu ini tidak bersemayam dalam hati seseorang, maka ia tidak mau berjihad dan melaksanakan amar ma'ruf nahi munkar”.




 
Berat : 75 gram

Harga: Rp.7.000

Adab Muslimah Berhias

Penulis: Asma' Karimah
Penerbit: Darul Falah
Adab Muslimah BerhiasDetail Produk
120 hlm/saku

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taa'tilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.” (Al-Ahzab:33)




 
Berat : 75 gram

Harga: Rp.7.000

Ibumu, Ibumu, Ibumu...

Penyusun :
Sulaiman bin Shaqir ash-Shaqir,
Dr. Sulaiman bin Muhammad ash-Shagir
Penerbit : Pustaka Ibnu Umar
Ibumu, Ibumu, Ibumu...Detail Produk
Ukuran : 13 x 18
Isi : 152 hal?

Seseorang datang kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam memohon izin untuk pergi berperang. Maka beliau bersabda: “Apakah kedua orang tuamu masih hidup?” Orang itu menjawab, “Ya.” Maka Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Maka berjihadlah engkau dengan (berbakti) kepada keduanya.” (HR. Muslim)

Begitu pentingnya, sehingga berbuat baik kepada kedua orang tua, harus didahulukan daripada berjihad. Berbuat baik kepada orang tua pun harus lebih didahulukan kepada istri dan anak-anak. Melihat betapa besarnya hak orang tua, maka jangan sekali-kali Anda menyakiti dan mendurhakainya. Jika Anda pernah menyakiti mereka berdua, maka segeralah minta maaf dan berbuat baik keada keduanya.

Kemudian bertaubatlah kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Dan seandainya kedua orang tua sudah meninggal, Anda harus memohon ampun kepada Allah ‘Azza wa Jalla dan mendo’akannya, disertai dengan taubat yang benar. Buku ini sangat baik untuk dijadikan sumber inspirasi dalam berbakti kepada orang tua, menjadi silaturrahim dengan keduanya dan mempergauli mereka dengan adab-adab yang mulia.

Shalawat serta salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, kepada keluarga beliau, para Sahabatnya, para Tabi’in dan Tabiut Tabi’in serta mereka yang senantiasa berada di jalan Ahlus Sunnah wal Jama’ah hingga hari Akhir. Aamiin.




 
Berat : 250 gram

Harga: Rp.32.000

100 Kisah Teladan TOKOH BESAR

Penulis:
Muhammad Sa'id Mursi
Qasim Abdullah Ibrahim

Penerbit: Gema Insani Press
100 Kisah Teladan TOKOH BESARDetail Produk
Salah satu cara menumbuh kembangkan potensi positif anak adalah dengan menceritakan kepada mereka kisah-kisah yang penuh dengan keteladanan. Karya yg indah ini membantu mewujudkan sikap positif pada diri anak sekaligus menumbuhkan kesadaran anak untuk mandiri.Berisi 100 kisah teladan dari para tokoh yang sarat hikmah dan pelajaran dunia.




 
Berat : 500 gram

Harga: Rp.52.900

Mendidik Anak Cinta Al-Qur'an

Penulis : DR. SA'AD RIYADH
Penerbit : Khatulistiwa

Tips Praktis
Menjadikan Anak Cinta Al-Qur'an




Mendidik Anak Cinta Al-Qur\Detail Produk
Anak adalah amanah(titipan) dari Allah.Dan amanah ini tentu harus dijaga dengan memberikan pendidikan yang tepat bagi anak, sehingga nanti dapat menjadi anak yang berbakti kepada-Nya.
Pendidikan paling utama yang mesti ditanamkan sedari dini adalah cinta Al-Qu'an, wahyu Allah. Sebab, dengan mencintai Al-Qur'an anak-anak akan cinta kepada Tuhannya dan memperoleh banyak ilmu berharga tentang agama Islam. Rasa cinta pada Al-Qur'an ini mesti ditumbuhkan lebih dulu kepada anak sebelum kita mengajarkan hafalan ayat-ayat Al-Qur'an kepada mereka. Sebab, menghafal Al-Qur'an tanpa rasa cinta kepada kitab suci itu takkan menghasilkan kebaikan apapun.

Dr.Sa'ad Riyadh, seorang pakar pendidikan, melalui buku yang aslinya berjudul "Kaifa Nuhabbib Al-Qur'an Li'abnaa'inaa" ini berusaha memandu Anda. Ia memberikan teori dan tips-tips praktis dalam mengajarkan rasa cinta itu, yang ia sesuaikan dengan perkembangan usia dan psikologis anak serta teknik dan sarana mengajar mutakhir.










 
Berat : 250 gram

Harga: Rp.27.000

Pages: 1 2 3