====== Selamat Datang di Rumah Muslim ======


The Shop

LoadingUpdating...

 

Sistem Lembaga Keuangan EKONOMI SYARIAH (dalam pemberdayaan ekonomi rakyat)

Penulis: Dr.H.Didiek Ahmad Supadie, MM
Penerbit: Pustaka Rizki Putra
Cover: Soft
Ukuran 157 x 236 mm

Sistem Lembaga Keuangan EKONOMI SYARIAH (dalam pemberdayaan ekonomi rakyat)Detail Produk
Buku ini memberikan penjelasan tentang problematika-problematika sekitar lembaga Keuangan Syari’ah (LKS), seperti bagaimana sejatinya operasional BMT, benarkah prinsip2 syari’ah sebagaimana dipesankan oleh AlQuran dan asSunnah mampu dijalankan dengan baik. Apakah kehadiran BMT yang memiliki salah satu kegiatan baitulmal yaitu menerima amanah zakat, infak dan sedekah (ZIS) telah didistribusikan dalam bentuk pinjaman kebajikan (qardul hasan) sebagaimana dituntun al-Quran, kepada usaha mikro yang sangat kesulitan modal pembiyaan. Apakah penyediaan pembiayaan qardul hasan dan pembiayaan syari’ah BMT mampu mempengaruhi kinerja usaha mikro yang menjadi nasabahnya.

Daftar Isi

1. Bagian I Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi
- Homo Ekonomicus
- Ekonomi Islam sebagai Alternatif
- Arti penting kehadiran BMT

2. Bagian II Konsepsi Dasar Baitul Mal Wat-Tamwil
- Aspek Teoritis Baitul Mal Wat-Tamwil
- Peran penting Baitul Mal Wat-Tamsil
- Fungsi pendampingan usaha
- Pembiayaan qardul hasan
- Zakat Infak dan Sedekah
- Sistem dan Prinsip Ekonomi Islam
- Jenis pembiayaan berdasar prinsip syariah
- Usaha kecil dan mikro

3. Bagian III Kerangka Konseptual dan Hipotesis
- Kerangka Konseptual
- Konstruksi
- Hipotesis

4. Bagian IV Analisis Hasil Penelitian
- Karakteristik responden
- Uji non Response bias
- Hasil analisis PLS
- Pengujian Hipotesis
- Analisis jalur path

5. Bagian V Makna Strategsi Hasil Analisis
- Analisis Kuantitati
- Hasil analisis deskriptif
- Fungsi pendampingan usaha
- Pembiayaan qardul hasan
- Pembiayaan syari’ah
- Deskripsi karakteristik responden nasabah BMT
- Kinerja usaha Islami
- Loyalitas Islam
- dst

6. Penutup Berkahnya Pembiayaan Syariah
- Appendiks
- Rancangan Penelitian
- Responden
- Variable penelitian
- Instrumen penelitian
- Uji validitas
- Uji Reabilitas
- dst




 
Berat : 0.6 kg

Harga: Rp.49.000

Metode Penelitian EKONOMI ISLAM (Muamalah)

Penulis : Prof. Dr. H. Boedi Abdullah, M.Ag.,
Drs. Beni Ahmad Saebani, M.Si.

Penerbit : Pustaka Setia
Tahun : 2014
Halaman : 312 hlm.
Ukuran : 15.5 x 23.5 mm (HVS)
Metode Penelitian EKONOMI ISLAM (Muamalah)Detail Produk
Metode Penelitian Ekonomi Islam (Muamalah) adalah cara sistematika yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data yang diperlukan dalam proses identifikasi dan penjelasan mengenai penelitian yang ditujukan untuk permasalahan ekonomi dalam perspektif Islam, misalnya masalah muamalah perniagaan dan perbankan syariah, serta permasalahan lainnya yang berhubungan dengan aktivitas masyarakat dalam ekonomi baik ekonomi makro maupun mikro.

Dalam penelitian ekonomi Islam (muamalah), yakni hukum-hukum ekonomi Islam uang praktis atau berupa perilaku ekonomi di kalangan umat Islam, dapat diterapkan metode deskriptif dengan pendekatan normatif. Penelitian muamalah dapat berkaitan dengan pemikiran ulama tentang ekonomi Islam, fatwa para ulama, kesepakatan komunitas umat Islam dengan mazhab tertentu, misalnya malikiyah, syafiiyah, dan habilah, dan sebagainya, bahkan metode deskriptif fapat digunakan dalam penelitian yang menggunakan berbagai pendekatan perbandingan.

Buku ini membahas pemecahan masalah secara ilmiah, yang berkaitan dengan permasalahan kehidupan manusia dalam konteks sosial akademik, khususnya dalam ekonomi Islam atau muamalah. Buku ini serupa dengan buku metode penelitian lainnya, tetapi dilengkapi dengan teori dan contoh hasil penelitian dalam kajian ekonomi Islam atau muamalah. Di dalamnya pun tredapat pembahasan secara detail perbedaan penelitian penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan kualitatif. Oleh : karena itu, buku ini sangat bermanfaat tertama untuk kalangan mahasiswa perguruan tinggi Islam, dengan kurikulum dan silabus mata kuliah Metode Penelitian Ekonomi Islam (Mumalah) yang telah ditetapkan sehingga akan lebih memudahkan pencarian jawaban metodologis berkaitan dengan pembuatan rencana penelitiannya dalam kajian ekonomi Islam.




 
Berat : 0.5 kg

Harga: Rp.45.000

Paradigma, Metodologi & Aplikasi EKONOMI SYARI'AH

Penulis : Muhammad
Penerbit : Graha Ilmu

Ukuran: 16 x 23 cm
Tahun : 2008
Halaman : XII + 184
Paradigma, Metodologi & Aplikasi EKONOMI SYARI\Detail Produk
Nilai-nilai moral dan religius dalam sistem ekonomi konvensional sering kali tidak memiliki wibawa dan nilai apa-apa, bahkan dianggap sebagai rintangan untuk mencapai tujuan-tujuan dalam kegiatan ekonomi dan bisnis. Akibatnya, pembangunan ekonomi menghasilkan disorientasi nilai-nilai (moral dan religius), yang pada gilirannya menimbulkan depresi mental dan keterasingan diri. Fenomena ini memunculkan kekhawatiran secara luas dikalangan ilmuwan yang berhaluan kritis. Mereka menyerukan perlunya rekonstruksi ilmu ekonomi baik pada tataran paradigmatis maupun pada tataran praktik dengan pendekatan multiparadigma.

Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan karya yang tidak hanya mengelaborasi nestapa yang dimunculkan oleh kesalahan paradigma dalam ilmu ekonomi, tetapi juga menawarkan multiparadigma dalam merekonstruksi ilmu pengetahuan, seperti paradigma positivisme, paradigma Interpretivisme, paradigma kristisme, paradigma posmodernisme dan paradigma tauhid.

Paradigma yang disebut terakhir (Tauhid) merupakan formulasi sintesis dari berbagai sumber yang penulis didesain sedemikian rupa dalam menjadi sebuah paradigma dalam mengkonstruksi ilmu dan pengetahuan. Ia (tauhid) tidak lagi dipahami secara doktriner-normatif seperti yang terjadi selama ini, tetapi juga dapat diterjemahkan secara empiris-sosiologis dalam praktik ekonomi dan bisnis perbankan syari'ah. Dalam praktik ekonomi, tauhid memiliki kekuatan transformatif untuk mempengaruhi dan mengubah cara pandang individu terhadap hakekat dan tujuan serta fungsi dari kegiatan ekonomi. Tauhid dalam karya ini ditempatkan sebagai kerangka dasar dan referensi nilai-nilai etika dan moral dalam merumuskan ilmu ekonomi dan dalam praktik (pembangunan ekonomi).

Buku yang ada dihadapan Anda ini memetakan persoalan keilmuan baik pada tataran ontologi, epistemologi, metodologi maupun aksiologinya sehingga diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman kepada akademisi (mahasiswa dan dosen), praktisi dan para peminat ilmu ekonomi syari'ah.




 
Berat : 0.4 kg

Harga: Rp.63.800

Asas-Asas Hukum Muamalat (Hukum Perdata Islam)

Penulis: KH. Ahmad Azhar Basyir, MA
Penerbit: UII Press
Tahun terbit : 2000
Tebal: 134 halaman
Ukuran: 11.5 x 18 cm




 
Berat : 150 gram

Harga: Rp.22.500

Tafsir Ayat Ekonomi (Teks, Terjemah dan Tafsir)

Penulis : Prof. Dr. Muhammad Amin Suma, SH., MA., MM.
Penerbit : AMZAH
Tahun Terbit : Juni 2013
Tebal Buku : vii+210 hlm
Ukuran: 15.5 x 23 cm
Tafsir Ayat Ekonomi (Teks, Terjemah dan Tafsir)Detail Produk
Buku berjudul Tafsir Ayat Ekonomi : Teks, Terjemah, dan Tafsir ini menjelaskan dengan sistemik seputar isi dan maksud dari ayat-ayat ekonomi yang ada di dalam al-Qur’an dengan tahapan penafsiran : penulisan teks ayat dan terjemahannya, makna kosakata (mufradat), makna global dan sabab al-nuzul, penjelasan dan korelasi interayat dan antarayat ekonomi yang satu dengan yang lain, serta istinbat ayat. Dengan langkah-langkah penafsiran semacam ini, para pembaca diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan memperluas wawasan tentang ekonomi syariah secara lebih mendasar, lebih luas, lebih utuh, dan lebih menyeluruh.





 
Berat : 250 gram

Harga: Rp.63.000

Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Di Bank Syariah

Penulis : Prof. Dr. H. Faturrahman Djamil, M.A.
Penerbit : Sinar Grafika

Ukuran: 14.8 x20.7 cm
Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Di Bank SyariahDetail Produk
Pembiayaan (financing) dari bank kepada nasabah merupakan fungsi utama perbankan, termasuk perbankan yang berdasarkan prinsip syariah. Pembiayaan ini dilakukan dengan membuat perjanjian tertulis atau kontrak. Perjanjian atau kontrak yang dibuat berdasarkan prinsip syariah, maka jenis atau skema akad syariah, seperti akad murabahah, ijarah dan mudharabah harus menjadi bagian yang sangat penting dimuat dalam perjanjian. Bagian lain yang yang lazim dimuat dalam perjanjian di bank syariah adalah klausul tentang jaminan. Pencantuman klausul jaminan tujuannya untuk mengantisipasi jika di kemudian hari ternyata nasabah gagal bayar atau cidera janji kepada pihak bank syariah. Betapapun isi kontrak sudah mengatur berbagai kemungkinan yang akan terjadi, namun pembiayaan bermasalah tidak dapat dihindari.

Buku ini menjelaskan bagaimana cara membuat kontrak di bank-bank syariah, terutama berkaitan dengan format dan klausul baku yang memperhatikan kepentingan bank syariah dan nasabah; apa itu pembiayaan syariah, kenapa bisa terjadi dan bagaimana cara menyelamatkan serta menyelesaikannya baik dalam perspektif syariah maupun peraturan perundang-undangan yang berlaku? Secara komparatif bagaimana konsep jaminan dalam hukum Islam dan hukum perdata serta konsep penyelesaian sengketanya dalam hukum positif di Indonesia

Buku ini dapat dijadikan referensi utama oleh berbagai kalangan baik pratisi Lembaga Keuangan Syariah seperti perbankan syariah, asuransi syariah, pasar modal syariah maupun lembaga pembiayaan syariah, para akademisi, dan mahasiswa yang berminat dalam mempelajari ekonomi dan perbankan syariah.




 
Berat : 400 gram

Harga: Rp.45.000

Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktik Syariah dalam Bisnis Kontemporer

Penulis:
- Prof.Dr.H.Buchari Alma
- Donni Juni Priansa, S.Pd., S.E., M.M., QWP

Halaman: 328
Ukuran: 16 x 24.5 cm
Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktik Syariah dalam Bisnis KontemporerDetail Produk
Banyak kecurangan, penipuanm memakan hak orang lain dengan jalan bathil yang dilakukan orang-orang melalui kegiatan bisnis. Buku ini disusun untuk membuka mata hati para pelaku bisnis agar mulai menjauhi praktik-praktik perilaku tidak terpuji dalam bisnis. perilaku baik, berbisnis yang halal dan jujur akan diridhoi oleh Allah Swt. dan tidak akan merugikan.

Ajaran Islam harus memberi warna tingkah laku praktik bisnis sebagaimana dicontohkan oleh Rasulallah Saw. semasa beliau menjadi pelaku bisnis. Buku ini diharapkan menjadi penuntun perkuliahan Bisnis Syariah bagi mahasiswa, pencerahan bagi pedagang, dan pengembangan praktik kegiatan marketing syariah/spiritual marketing bagi para pengusaha. Banyak pengusaha mengatakan bahwa dengan melaksanakan kejujuran, shalat, zakat, dan dzikir, insya Allah usaha yang sedang digeluti akan mendapatkan kemaslahatan dan keuntungan.




 
Berat : 0.6 kg

Harga: Rp.78.000

Hukum Ekonomi Syariah Akad Mudharabah

Penulis : Prof. Dr. Jaih Mubarok, SE, MH, M.Ag
Penerbit: Fokusmedia

Ukuran: 16 x 24 cm
Hukum Ekonomi Syariah Akad MudharabahDetail Produk
- Akad Mudharabah Muqayyadah Dan Pelanggaran Serta Sanksinya
- Tinjauan Hukum Tentang Penyelesaian Sengketa Dan Peran Basyarnas
- Deskripsi Putusan Basyarnas Tentang Penyelesaian Sengketa Mudharabah Muqayyadah
- Analisis Putusan Basyarnas Tentang Penyelesaian Sengketa Mudharabah Muqayyadah




 
Berat : 0.8 kg

Harga: Rp.59.000

Principle Islami Finance (Dasar-dasar Keuangan Islam)

Penulis:
- Prof.Dr.H.Veithzal Rivai, SE.,MM.,MBA, Pakar Bisnis Islam
- Dr.Abdul Hadi Sirat, SE., MS, Akademisi
- Dr.Tatik Mariyati, SE., M.Si, Akademisi
- Hanan Wihasto, SE., MM, Praktisi Perbankan

Ukuran: 15.5 x 24 cm




 
Berat : 0.5 kg

Harga: Rp.55.500

Think Dinar!

Muslim Kaya Hari Ini, Super Kaya di Masa Depan

Penulis : Endy J. Kurniawan
Penerbit : Asma Nadia Publishing House
Think Dinar!Detail Produk
Percayakah

biaya haji turun setiap tahun?

biaya sekolah semakin murah?

biaya hidup semakin rendah?

Jika anda berpikir DINAR!


Sebuah buku dengan bahasa populer, mudah dicerna tapi dahsyat dan membekali dalam revolusi keuangan diri dan keluarga. Jangan invest, jangan mbeli ini itu, sebelum baca #Think Dinar!





 
Berat : 0.6 kg

Harga: Rp.57.000

MANAJEMEN BAITUL MAL WA TAMWIL

Penulis: Dr.H.Ahmad Hasan Ridwan, M.Ag
Penerbit: Pustaka Setia

Pengantar: Prof.Dr.H.Juhaya S.Pradja, M.A




 
Berat : 0.7 kg

Harga: Rp.65.000

Teori Makro Ekonomi Islam (Konsep, Teori dan Analisis)

Penulis: M. Nur Rianto Al Arif, S.E., M.Si.
Penerbit: Alfabeta

Tebal: 304 Halaman
Teori Makro Ekonomi Islam (Konsep, Teori dan Analisis)Detail Produk
Buku Teori Makroekonomi Islam: Konsep, Teori, dan Analisis ini adalah sebagai penambah khazanah keilmuan tentang mengenai Ekonomi Islam khususnya tentang teori makroekonomi dalam perspektif islam, sehingga dapat dijadikan sebagai panduan oleh mahasiswa pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya yang membutuhkan. Di antara referensi yang juga masih sulit ditemukan di indonesia, adalah referensi yang terkait dengan kajian Teori Makroekonomi Islam. Padahal referensi ini sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa, khususnya bagi mereka yang memiliki keterbatasan mengakses informasi yang berbahasa asing. Akibatnya sering kali mahasiswa dalam menuliskan paper hanya mengandalkan buku-buku yang berbahasa Indonesia yang sangat terbatas jumlahnya, bahkan seringkali tidak dapat ditemukan referensinya terkait dengan materi-materi tertentu.
Oleh karena itu, dalam rangka mendukung kajian Ekonomi Islam di Indonesia, khususnya untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam mencari referensi yang terkait dengan materi kajian Teori Makroekomi Islam, maka hadirnya hadirnya buku ini di hadapan para pembaca sangat diperlukan.
Selamat mempelajari.




 
Berat : 400 gram

Harga: Rp.52.800

PENGANTAR TEORI MONETER serta Aplikasinya pada Sistem Ekonomi Konvensional & Syariah

Penulis:
Drs.H.Rachmat Firdaus, M.Sc
Dr.Maya Ariyanti, S.E., M.M.

Penerbit: Alafabeta
PENGANTAR TEORI MONETER serta Aplikasinya pada Sistem Ekonomi Konvensional & SyariahDetail Produk
Berbeda dengan buku-buku lain tentang moneter yang biasanya sarat dengan rumus-rumus yang "jlimet" dan complicated serta kurva-kurva yang "bertumpuk-tumpuk", maka dalam buku ini, kedua hal tersebut agak dihindari, kecuali rumus-rumus dasar dan kurva-kurva yang penting/ sulit untuk dihilangkan, yang disajikan dengan sederhana dan mudah dimengerti.

Hal tersebut penulis lakukan karena dua alasan.
Pertama, buku ini merupakan "pengantar (introductary)", sehingga memang seharusnya tidak terlalu "mendalam". Kedua, banyak saran yang disampaikan oleh beberapa pihak (termasuk dari mahasiswa dan karyawan), yang karena keterbatasan kemampuan daya serap, keterbatasan waktu ataupun alasan lainnya, yang kurang enjoy dengan rumus dan kurva yang "berat-berat".

Namun sebagai "gantinya" penulis mencoba mengemukakan teori-teori tersebut dengan uraian-uraian kualitatif dan contoh-contoh melalui angka-angka yang sederhana.




 
Berat : 400 gram

Harga: Rp.45.000

Pengenalan Ekslusif EKONOMI ISLAM

Penulis:
- Mustafa Edwin Nasution
- Budi Setyanto
- Nurul Huda
- Muhammad Arief Mufraeni
- Bey Sapta Utama


Penerbit: Kencana
Pengenalan Ekslusif EKONOMI ISLAMDetail Produk
Buku ini hadir menjawab kebutuhan akan literatur ekonomi Islam yang bernuansa akademis. Seluruh tema dibahas dalam12 bab dan terpilah ke dalam 3 bagian utama.

Bagian pertama (Bab I dan II) menjelaskan pandangan Islam tentang segala kegiatan ekonomi yang kemudian bermuara pada pembentukan definisi ekonomi Islam.

Pandangan dan koreksi terhadap berbagai aspek kegiatan ekonomi menjadi fokus pembahasan bagian kedua (Bab III sampai Bab XI). Bagian ketiga yang merupakan penutup rangkaian pembahasan ini, menghadirkan perkembangan ekonomi Islam dalam tataran praktis, yakni terbentuknya lembaga-lembaga ekonomi dan keuangan berbasis Islam.

Tema-tema utama dalam buku ini dan Ekonomi; Sistem Ekonomi Islam; Kelangkaan dan Pilihan; Permintaan dan Penawaran ; Teori Produksi; Distribusi Pendapatan; Mekanisme Pasar Islami; Pendapatan Nasional dalam Perspektif Islam; Kebijakan Fiskal; Teori tentang Uang; Kebijakan Moneter; dan Lembaga Keuangan Islam di Indonesia.




 
Berat : 400 gram

Harga: Rp.65.000

AKUNTANSI SYARIAH Perspektif, Metodologi dan Teori

Penulis: Iwan Triyuwono
Penerbit: Raja Grafindo Persada

Edisi Kedua
AKUNTANSI SYARIAH Perspektif, Metodologi dan TeoriDetail Produk
Buku ini mengilustrasikan Akuntansi Syariah sebagai sebuah bentuk disiplin ilmu yang sarat dengan nilai-nilai syariah mulai dari perspektif manusia muslim, metodologi, hingga pada teori.

Perspektif merupakan bagian penting bagaimana seseorang melihat, merespons, dan mengembangkan realitas kehidupan-khususnya realitas bisnis dan praktik akuntansi. Dengan perspektif Khalifatullah fil Ardh, buku ini mengajak kita untuk memfomulasikan metodologi konstruksi Akuntansi Syariah, yaitu dengan menggunakan Epistemologi Berpasangan yang sebetulnya diangkat dan disarikan dari Sunnatullah yang terhampar luas di alam semesta. Berdasarkan pada epistemologi ini, bangunan teori Akuntansi Syariah tetap terjamin berdiri di atas nilai-nilai syariah.

Secara implisit, para pemerhati diajak bersama-sama untuk membangun Akuntansi Syariah pada tingkat teori dengan menawarkan perspektif Khalifatullah fil Ardh dan Epistemologi Berpasangan sebagai cara pandang dan metodologi. Perspektif dan metodologi merupakan alat pembangun Akuntansi Syariah yang dapat mestimulasi kehidupan bisnis dan praktik akuntansi ke arah kesadaran ketuhanan, yaitu kesadaran yang membawa manusia pada posisi kesatuan dengan Tuhan.

Buku ini sangat membantu dalam mencukupi kekurangan referensi mata kuliah Akuntansi Syariah yang saat ini sudah banyak ditawarkan perguruan tinggi kepada mahasiswa tingkat sarjana (S1). Di samping itu, ide-ide yang ada di dalamnya membangkitkan inspirasi bagi mahasiswa magister (S2) untuk mengembangkan teori Akuntansi Syariah, dan bagi mahasiswa doktor (S3) untuk memformulasikan serta menciptakan teori baru Akuntansi Syariah.

Untuk mempermudah pemahaman, pada setiap bab dalam buku ini dilengkapi dengan pokok pikiran dan petanyaan. Pertanyaan-pertanyaan diklarifikasikan menjadi tiga bagian, yaitu tingkat dasar, menengah, dan atas. Tingkat dasar adalah pertanyaan yang cukup bisa dipahami oleh mahasiswa tingkat sarjana.
Tingkat menengah dan atas untuk pemahaman mahasiswa magister dan doktor.

Pada edisi keduaini dilengkapi dengan Metode Khusyuk. Metode yang dapat digunakan untuk membentuk kepribadian Khalifatullah fil Ardh. Metode tersebut terdiri dari:

1. Metode Khusyuk 1: Metode pembentukan kepribadian Khalifatullah fil Ardh
2. Metode Khusyuk 2: Metode pembentukan pribadi mengetahui
3. Metode Khusyuk 3: Metode pembentukan pribadi kasih sayang dan syukur

Ketiga metode tersebut dapat digunakan untuk membuka akses dan menginternalisasi energi Allah swt. dan Nabi Muhammad Saw. pada diri kita. Dengan latihan yang rutin, intens, konsisten, sabar, dan ikhlas, insya Allah kepribadian yang diinginkan dapat segera terbentuk




 
Berat : 600 gram

Harga: Rp.94.000

AKUNTANSI SYARIAH Teori & Praktik untuk Perbankan Syari'ah

Penulis: Muhammad
Penerbit: UPP STIM YKPN

Ukuran Buku: 19 x 24 cm
AKUNTANSI SYARIAH Teori & Praktik untuk Perbankan Syari\Detail Produk
Sering dengan perkembangan lembaga keuangan syari'ah (khususnya perbankan syari'ah) dan bisnis syari'ah lainnya, menuntut adanya perubahan paradigma sampai kepada teknik akuntansi yang berbeda seperti yang sampai sekarang berlaku. Akuntansi syari'ah adalah alat yang dapat digunakan untuk mengkomunikasikan kondisi perusahaan kepada stakeholder-nya. Oleh karena itu, akuntansi syari'ah dapat difungsikan sebagai alat berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan data keuangan perusahaan. Fungsi akuntansi ini sering disebut sebagai languange of business, Jika bisnis yang dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip syari;ah. Buku ini dirancang khusus bagi masyarakat yang ingin mempelajarin akuntansi syari'ah, utamanya berkaitan dengan akuntansi bank syari'ah.

Oleh karena itu, buku ini dibagi menjadi empat bagian, dengan materi bahasan dalam buku ini: Bagian Pertama tentang Mengapa perlu Akuntasni Syari'ah, mencakup Bab 1 sampai dengan Bab 4, meliputi: Pengertian dan Prinsip Umum Akuntansi Syari'ah, Perkembangan Pemikiran Akuntansi Syari'ah, Metodologi Pengembangan Teori Akuntansi Syari'ah, dan Analisis Persoalan Akuntansi Barat. Bagian kedua tentang Paradigma dan Teori Akuntansi Syari'ah, mencakup Bab 5 sampai dengan Bab 8, meliputi: Al-Qur'an dan Akuntansi (Al-Muhasabah), Ekonomi Islam dan pemikiran menuju Akuntansi Syari'ah , Paradigma Syari'ah untuk Akuntansi Syari'ah , dan Penyesuaian Teori Akuntansi Syari'ah. Bagian Ketiga untuk tentang Bank Syari'ah dan Akuntansi Syari'ah, Mencakup Bab 9 sampai dengan Bab 11, meliputi: Mengenal Bank Syari'ah dan Akuntansi Syari'ah, Dasar-dasar Akuntansi pada Bank Syari'ah, Pengakuan, Pengukuran, Penyajian, dan Pengungkapan dalam Akuntansi Bank Syari'ah; dan Bagian Keempat tentang Akuntansi Syari'ah dalam Praktik, mencakup Bab 12 sampai dengan Bab 15, meliputi: Akuntansi Pasiva Bank Syari'ah, Akuntansi Aset Bank Syari'ah, Akuntansi Jasa Bank Syari'ah, Laporan Keuangan Bank Syari'ah, dan diakhiri dengan Bab Penutup.

Sistematika buku tersebut dimaksudkan untuk memberikan alur berfikir pembaca agar mendapatkan runtutan berfikir, sehingga tidak terjadi loncatan-loncatan berfikir akuntansi. Terlebih lagi bagi masyarakat yang belum pernah mempelajari akuntansi. Oleh karena itu, dengan adanya buku ini dapat memberikan kejelasan dan keruntutan berfikir dalam memahami siklus akuntansi.




 
Berat : 900 gram

Harga: Rp.132.400

AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH Teori dan Praktik Kontemporer

Dilengkapi CD Suplemen

Penulis : Rizal Yaya, Aji Erlangga Martawireja, Ahim Abdurahim
Penerbit: Salemba Empat

19 x 25.7 cm
AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH Teori dan Praktik KontemporerDetail Produk
Buku Akuntansi Perbankan Syariah: Teori dan Praktik Kontemporer ini mengulas akuntansi syariah secara lengkap, mulai dari sejarah perkembangan akuntansi syariah, pengembangan perbankan syariah, sistem operasional bank syariah, hingga cara perhitungan bagi hasil yang disertai ilustrasi transaksi riil. Indonesia, sebagai salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim, memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan akuntansi perbankan syariah. Buku ini merupakan literatur penting bagi pembaca yang ingin mengetahui operasional perbankan syariah, khususnya terkait akuntansi perbankan syariah di Indonesia.

Materi utama tentang akuntansi syariah disajikan secara komprehensif dengan mengacu pada praktik perbankan yang berdasarkan PSAK syariah dan PAPSI 2013. Selain itu, dalam buku ini juga disajikan ilustrasi kasus serta transaksi yang terjadi dalam siklus akuntansi. Pada akhir setiap bab disajikan soal latihan yang akan disertai dengan lembar jawaban dan juga lembar evaluasi dari dosen yang bersangkutan.

Bab 1 Sejarah Perkembangan Akuntansi Syariah

Bab 2 Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah

Bab 3 Prinsip Dasar Bank Syariah

Bab 4 Sistem Operasional Bank Syariah

Bab 5 Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah

Bab 6 Akuntansi Penghimpunan Dana

Bab 7 Akuntansi Transaksi Pembiayaan Mudharabah

Bab 8 Akuntansi Transaksi Pembiayaan Musyarakah

Bab 9 Akuntansi Transaksi Murabahah

Bab 10 Akuntansi Transaksi Salam dan Salam Paralel

Bab 11 Akuntansi Transaksi Istishna’ dan Istishna’ Paralel

Bab 12 Akuntansi Transaksi Ijarah dan Ijarah Muntahiya Bit Tamlik

Bab 13 Akuntansi Transaksi Dana Zakat, Dana Kebajikan, dan Pinjaman Qardh

Bab 14 Akuntansi Kas, Penempatan pada Bank Indonesia, Kliring, dan Pajak

Bab 15 Perhitungan Bagi Hasil




 
Berat : 0.8 kg

Harga: Rp.117.900

Manajemen Perbankan Syariah

Penulis : Khaerul Umam, S.IP, M.Ag.
Pengantar : Prof. Dr. Juhaya S. Pradja, M.A.

Jumlah Halaman : 392 hlm
Kertas Isi : HVS
Cover : Soft
Ukuran : 16 x 24 cm
Manajemen Perbankan SyariahDetail Produk
DAFTAR ISI :


BAB 1. MENGENAL BANK SYARIAH
Pengertian bank syariah
Sejarah perkembangan bank syariah
Prinsip- prinsip bank syariah
Prosuk- produk bank syariah

BAB 2. MANAJEMEN DAN PRAKTIK MANAJEMEN DALAM PERBANKAN
Manajemen
Mengenal TQM, Six Sigma, dan manajemen ismali
Implementasi manajemen pada perbankan

BAB 3. TATANAN MANAJEMEN BANK SYARIAH
Implikasi manajemen dalam syariah Islam
Prinsip etika bisnis Islam yang harus terimplementasikan dalam manajemen
Etika bisnis dalam islam: solusi yang berkeadilan
Dasar dan tujuan manajemen
Struktur organisasi bank syariah dan system kerja

BAB 4. MANAJEMEN ASSET DAN LIABILITAS
Asset – Liability management
Risiko dan manajemen risiko
Audit dan control bank syariah

BAB 5. MANAJEMEN DANA BANK SYARIAH
Kebijakan penghimpunan dana
Penghimpunan dana
Organisasi dan manajemen penyaluran dana di bank syariah

BAB 6. MANAJEMEN LIKUIDITAS
Pendahuluan
Pengertian likuiditas
Risiko likuiditas
Manajemen likuiditas
Pengelolaan likuiditas bank syariah
Penentuan kebutuhan likuiditas bank syariah
Pengelolaan arus kas
Alat likuiditas bank syariah
Instrument likuiditas bank syariah
Strategi pemeliharaan likuidtas
Instrument islami untuk manejemen likuidtas

BAB 7. PEMBIAYAAN DAN MANAJEMEN
Kebijakan pembiayan
Perencanaan pembiayaan
Prosedur pemberian pembiayan bank
Hubungan pembiayaan dengan piutang

BAB 8. KESEHATAN DAN RAHASIA BANK
Pendahuluan
Kesehatan bank
Batas maksimum pemberian kredit
Likuiditas wajib minimum
Posisi devisa netto
Rasio kecukupan modal
Pembentukan penyisihan penghapusan aktiva produktif
Loan to deposit ratio
Return on asset dan return on equity
Manajemen bank
Pelanggaran aturan kesehatan bank

BAB 9. MENGENAL MANAJEMEN PEMASARAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN DI BANK SYARIAH
Manajemen pemasaran
Pemasaran dalam Islam
Sekilas tentang sustainable marketing enterprise
Aplikasi manajemen pemasaran dan pemasaran syariah pada perbankan

BAB 10. TIME VALUE OF MONEY DAN MENGENAL FOREIGN EXCHANGE DALAM ISLAM
Berawal dari knsep uang dalam Islam
Mengetahui time value of money dalam Islam
Forex dalam pandangan Islam

BAB 11. MENGENAL LAPORAN KEUANGAN BANK SYARIAH
Pendahuluan
Pengertian dan tujuan laporan keuangan
Laporan keuangan bank
Mengenal konsep dan rasio CAMEL

BAB 12. PEGADAIAN SYARIAH (PRODUK PALING MUJARAB UNTUK PERBANKAN SYARIAH)
Pengenalan pegadaian syariah
Keistimewaan gadai syariah
Cara memperoleh marhun bih
Penggolongan marhun bih dan besarnya tariff
Proses pelunasan marhun bih dan pengambilan rahn
Proses pelelangan marhun
Barang jaminan
Pemanfaatan dana pinjaman
Akad yang digunakan
Batas pembayaran pinjaman dan tariff simpanan
Pelelangan marhun
Proses pelelangan marhun
Keberadaan DPS
Tugas pokok dan kewenangan DPS
Jenis pendapatan di pegadaian syariah





 
Berat : 600 gram

Harga: Rp.65.000